Balikpapan

Yaser Arafat, Nahkodai Kadin 2021-2026

Yaser Arafat Dorong Perubahan Konvensional ke Era Digital Usai Dilantik Ketua Kadin Balikpapan Periode 2021-2026

Reporter: Taufik Hidayat |  Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Balikpapan periode 2021-2026 resmi dilantik. Bertempat di Hotel Grand Senyiur, Sabtu. 27/11/2021.

Yaser Arafat selaki Ketua Kadin Balikpapan mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 yang menerpa Indonesia khususnya Balikpapan, menjadikan kondisi ekonomi berada dalam ketidakpastian.

Namun, ia tetap akan mendorong ekonomi terutama pekerja dan pelaku usaha lokal agar tetap dapat produktif dan efektif. Terutama menyongsong perubahan konvensional menjadi era digital. Ia terpilih kembali menahkodai Kadin Balikpapan periode 2021-2026 sejak akhir Februari lalu dan baru dilantik semalam.

“Ketidakpastian itulah kepastian dibidang ekonomi. Yang bisa kita lakukan adalah terus bertahan, terus berkarya, bekerja membantu pemerintah, menyesuaikan dengan perubahan dan kebutuhan pasar,” kata Yaser Arafat usai dilantik.

Sambungnya ia akan mempersiapkan UMKN lebih kepada pemanfaatan digital karena melihat kondisi zaman yang berkembang.
“Sekarang lebih kepada penguatan digital. Kita akan mempersiapkan diri dan mempersiapkan anggota kita dan melatih para UMKM dan usaha lokal, konvensional pindah ke digital itu penting,” sambungnya.

Yaser juga turut menyampaikan, Kota Balikpapan yang menjadi penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) sangat berpeluang bagi para pengusaha lokal, pekerja lokal dalam menyiapkan pembangunan mega proyek IKN nantinya.

Pasalnya, Presiden Jokowi menyiapkan dana sekitar Rp480 Triliun untuk pembangunan IKN. Yang mana Kota Balikpapan sebagai kota penyanggah yang strategis.

Kadin akan memberikan pelatihan, penyuluhan, penyiapan kompetensi baik perusahaan sertifikasi maupun label suplay. Sehingga pekerja dan pengusaha lokal dapat berkarya.

“Itu adalah peluang, kita jadikan momen dan momentum untuk terus berkarya, bertahan, bekerja di tengah derasnya arus persaingan, di tengah derasnya arus ketakutan karena pandemi,” lanjutnya.

Ketua Kadin Balikpapan itu juga menyebut, program kerja pengurus Kadin 2021-2026 yakni mewujudkan ekonomi Kota Balikpapan yang sehat, kuat dan berkesinambungan.

“Artinya kalau kita mau kuat kita harus sehat dulu. Sehat secara perusahaan, sehat SDM, sehat secara administrasi dalam rangka bersaing kompetitif. Sehingga sehat dulu baru kita akan kuat lalu kita berkesinambungan,” jelasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button