DPRD Provinsi Kaltim

Wakil Ketua DPRD Kaltim Sebut Linmas Berperan Melayani Masyarakat

TIMURMEDIA – Muhammad Samsun, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur, menyatakan jika anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) berperan aktif dalam melayani masyarakat. Sebagai ujung tombak Negara Kesatuan Republik indonesia, Linmas kerap melayani masyarakat di Rukun Tetangga hingga kecamatan. “Linmas ini berperan aktif dalam melayani masyarakat serta menjaga martabat Indonesia sebagai negara yang kuat,” katanya.

Pernyataan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu disampaikan saat Sosialisasi Kebangsaan atau Sosbang kepada anggota Linmas se-Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Acara ini diikuti perwakilan 12 kelurahan dan dua desa pada Sabtu 21 Januari 2023.

Dihadapan warga yang hadir dalam kegiatan ini, Muhammad Samsun menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi dalam menjaga kesatuan bangsa dan keutuhan Negara Indonesia yang harus diwaspadai adalah pudarnya rasa nasionalisme terhadap bangsa.

“Oleh karena itu, ideologi negara, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan kebhinekaan menjaga kedaulatan bangsa harus dijaga,” ujarnya. “Untuk itu, sangat penting dalam memberikan pemahaman kepada para Linmas sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat,” timpal Muhammad Samsun.

Baginya, pengamalan terhadap butir Pancasila sangat penting dalam penerapan di masyarakat keseharian. “Salah satunya sila kedua yang berbunyi ‘kemanusiaan yang adil dan beradab’,” tegasnya.

“Pada butir sila kedua ini adalah perwujudan nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, manusia merupakan makhluk yang berbudaya, bermoral, dan beragama,” tutup Muhammad Samsun. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button