Wagub dan Kepala Disperindagkop UMKM Serahkan Ratusan Bantuan ke Pelaku UKM dan IKM

TIMURMEDIA – Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi, bersama Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kaltim, Muhammad Sa’duddin, menyerahkan pelbagai bantuan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah serta Industri Kecil dan Menengah. Bantuan ini diserahkan bersamaan dengan agenda kunjungan kerja Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, ke Kabupaten Kutai Barat.

Dalam lawatan itu, selain penyerahan dan penghargaan bantuan, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi juga melakukan peresmian Wisata Alam Hutan Adat Hemaq Beniung.

Bertempat di Lamin Hutan Hemaq Benuang, Kampung Juaq Asa –Kecamatan Barong Tongkok– Hadi Mulyadi dan Muhammad Sa’duddin, menyerahkan secara simbolis 50 peralatan kepada pelaku UMKM dan IKM di Kabupaten Kubar. Rinciannya, 35 alat untuk 5 pelaku UMKM dan 15 alat untuk 11 pelaku IKM.

FOTO: Mahendra/Disperindagkop UMKM Kaltim

Tak cukup sampai disitu. Muhammad Sa’duddin juga menyerahkan bantuan untuk Kabupaten Mahakam Ulu. Sebanyak 133 bantuan peralatan diserahkan. Diantaranya 126 peralatan untuk 8 pelaku UMKM dan 7 Peralatan untuk 3 IKM.

“Peralatan yang diberikan umumnya adalah alat-alat untuk produksi bakery. Seperti oven dan mixer,” katanya. “Ada juga untuk katering seperti kompor, wajan, dan frezzer,” timpal Muhammad Sa’duddin.

Dia berharap, bantuan ini bisa meningkatkan kapasitas produksi pelaku UMKM dan IKM di Kabupaten Kubar dan Kabupaten Mahulu. Sehingga bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar. “Hal ini tentunya berdampak positif pada peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Kubar dan Kabupaten Mahulu,” ucapnya.

Menurut Muhammad Sa’duddin, bantuan ini telah dianggarkan melalui Dana Insentif Daerah atau DID dari Pemerintah Pusat. “Dana tersebut diberikan kepada daerah yang dinilai telah berhasil mengendalikan inflasi di wilayahnya,” jelasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam penyerahan bantuan secara simbolis adalah Bupati Kubar FX. Yapan, Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkhan, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kaltim serta Kabupaten Kubar.

Selain itu, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi juga sempat meninjau stan UMKM dan IKM yang dipamerkan. Terdapat 35 UMKM dan IKM yang ditampilkan oleh Pemerintah Kabupaten Kubar. Komoditas yang ditampilkan terdiri dari kerajinan tangan, makanan ringan, seraung, kain ulap doyo, dan kuliner khas lokal Kabupaten Kubar. (Nad/Ek/HumasDP2KUKM)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button