AdvBalikpapan

Usulan Perda Inisiatif Pemkot Balikpapan Menunggu

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan saat ini masih menunggu kesiapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan leading sector yang mengusulkannya di Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2021.

Andi Arif Agung selalu Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Parlemen Balikpapan, mengaku bahwa dari 10 Raperda usulan Pemkot. Ada beberapa yang diminta Bapemperda untuk dievaluasi mengingat ketidaksiapan OPD terkait. Jumat, 01/09/2021.

“Baik itu revisi maupun usulan baru, tadi memang kita evaluasi kalau memang siap kita jalankan,” ujar Andi Arif.

Sambung Ketua Bapemperda itu menurutnya, ada beberapa Raperda yang akan masuk tahapan evaluasi, di antaranya menyangkut perubahan Perda nomor 9 tentang Restribusi Jasa Umum dan perubahan Perda nomor 10 tentang Restribusi Jasa Usaha.

Ditambah lagi, aturan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 16 tahun 2021 yang semula Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), sehingga pelaksanaannya harus merevisi Perda Nomor 6 Tahun 2017 tentang retribusi jasa tertentu.

“Setelah PP itu turun, tidak bisa kita tarik lagi pungutannya, retribusi tidak bisa kita tarik karena kewenangannya diambil oleh Pemerintah Pusat. Kalau mau, harus kita ubah nomenklatur nya menjadi PBG, itu yang kemudian harus kita lakukan pembahasan ulang merubah Perda Nomor 6 tahun 2017.” Terangnya

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button