Samarinda

Tingkatan PAD Melalui Pariwisata Sungai Mahakam

TIMURMEDIA – Anggota DPRD Kota Samarinda, Kamaruddin mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pariwisata sungai Mahakam.

Apalagi Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda telah menerapkan aplikasi E-tiket dan manifest online pada pengelolaan kapal wisata Sungai Mahakam.

“Sebenarnya aturan itu telah berlaku sejak November 2022 kemarin dan dalam penerapan E-tiket pengelola dikenakan tarif sebesar Rp5 ribu untuk manifest online,” katanya.

Baginya hal tersebut baik dikembangkan. Sebab sangat membantu peningkatan PAD. Tapi dengan catatan harus jelas, mulai dari peraturan dan sistem mekanismenya.

“Akan lebih maksimal jika didukung Perda ataupun Perwali, dengan begitu proses penerapan bisa gunakan dengan baik,” harapnya.

Karena itu, ia berharap Pemkot mampu memaksimalkan aliran sungai Mahakam sebagai wisata kebanggaan masyarakat kota Samarinda.

“Itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita ketika banyak wisatawan luar datang kesini, karena dengan begitu PAD akan meningkat melalui sektor pariwisata,” tutupnya. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button