Tingkat Mutu Padi PPU, DPRD PPU Perjuangkan Banuan Alat Penggiling Padi

Timur Media, Penajam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, perjuangkan pengadaan alat atau mesin penggilingan padi atau alat pengupas kulit gabah menjadi beras, untuk petani di daerah setempat.

Hal itu ungkapkan anggota Komisi II DPRD Kabupaten PPU, Syarifuddin HR, hal itu sebagai untuk meningkatkan kualitas beras petani Kabupaten Penajam Paser Utara

“Kami komitmen bantu petani dengan sediakan mesin penggilingan padi,” kata.

Dukungan Masyarakat
Anggota DPRD PPU Syarifuddin HR teguh | Timur Media | Referensi Baru

Anggaran pengadaan alat penggilingan padi rencananya bakal diakomodir melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD Perubahan 2023. Diperkirakan untuk pengadaan mesin penggilingan padi berukuran kecil membutuhkan anggaran lebih kurang Rp100 juta.

DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara berupaya agar beras petani bisa menjadi kategori premium dengan memberikan bantuan peralatan sesuai usulan kelompok tani. Karena saat ini beras petani yang ada, berada di kelas mediu atau menengah sebab masih di olah secara tradisional.

“Kami ingin upayakan hasil beras petani dari kualitas medium menjadi premium, selama ini peralatan pertanian masih tradisional belum modern, ” ujarnya.

Peningkatan kualitas beras dari medium menjadi premium menjadi penting, agar hasil pertanian di Kabupaten Penajam Paser Utara bisa bernilai ekonomi tinggi.

Petani Kabupaten Penajam Paser Utara, jelas Syarifuddin HR, harus dapat memenuhi kebutuhan beras masyarakat setempat dan Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara.

DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara mengimbau agar petani menyampaikan kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pertanian untuk peningkatan kualitas produksi. (adv)

petani padi babulu
Pertanian Padi di Kecamatan Babulu (ist) teguh | Timur Media | Referensi Baru

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button