Tahun Terakhir Kepengurusan, IAI Kaltim Banyak Lakukan Pencapaian

TIMURMEDIA, SAMARINDA – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kalimantan Timur (Kaltim) banyak memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Benua Etam beberapa athun terakhir. Hal ini diungkapkan Wahyullah Bandung, Ketua IAI Kaltim disela Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Ujian Lisensi Arsitek digelar di Fugo Hotel, Kota Samarinda, Kamis 2 Mei 2024, pagi tadi.

Kata Wahyullah Bandung, jika ditilik lebih dalam, anggota IAI Kaltim secara individu banyak berkontribusi dan memberi warna dalam pembangunan di Kaltim. “Ambil contoh, salah satu anggota kami menjadi arsitek dalam revitalisasi Citra Niaga,” katanya.

Bagi Wahyullah Bandung, keterlibatan anggota IAI Kaltim di proyek revitalisasi itu untuk sejatinya untuk mengawal supaya Citra Niaga yang pernah mendapatkan Aga Khan Award bisa mendapatkan penghargaan serupa.

Seperti diketahui, Citra Niaga pernah mendapatkan penghargaan Aga Khan Award pada 1989. Aga Khan Award merupakan salah satu penghargaan prestisius di dunia arsitektur. Salah satu kategori penilaiannya adalah bagaimana karya arsitektur dapat memberikan sumbangan besar terhadap umat manusia.

“Mungkin banyak teman-teman yang tidak tahu bahwa Citra Niaga itu pernah mendapatkan Aga Khan Award, sebuah penghargaan arsitektur tertinggi untuk negara-negara Islam,” katanya.

Disamping itu, Wahyullah Bandung mengungkapkan, secara program saat ini IAI Kaltim telah memasuki tahun ketiga sekaligus tahun terakhir kepengurusan. “Program kerja yang kami jalankan telah banyak tercapai dengan tema utama adalah ‘Membangun Peradaban dari Sungai Mahakam’,” ujarnya.

“Tentu sebagai pelaku intelektual kami banyak membangun wacana yang mudah-mudahan bisa menjadi warna tersendiri untuk sumber daya manusia di Kaltim,” timpal Wahyullah Bandung. (fai)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button