Samarinda

Soal Infrastruktur Penanggulangan Banjir, Komisi III DPRD Kota Samarinda: Kami Terus Mendorong

TIMURMEDIA – Kinerja Pemerintah Kota Samarinda dalam menanggulangi banjir mendapatkan apresiasi dan perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda. Teranyar, atensi itu datang dari Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda, Mohammad Novan Syahronny Pasie.

Dia menyatakan mendorong agar Pemkot Samarinda tetap fokus melanjutkan program penanggulangan banjir dan penanganan sampah pada 2023. Sebab, masalah banjir dan sampah masih menjadi perhatian masyarakat Kota Samarinda. Khusus untuk penanganan banjir, dia meminta Pemkot Samarinda tetap membangun infrastrukturnya. “Kami terus mendorong,” katanya, Senin 2 Januari 2022.

Mohammad Novan Syahronny Pasie mengapresiasi kinerja Pemkot Samarinda pada 2022 terkait penanggulangan banjir. Hal itu dibuktikan dengan debit air yang secara signifikan menurun dan adanya pengurangan genangan di sejumlah titik. Meski demikian, dia meminta, penanggulangan banjir perlu ditingkatkan lagi.

Selain itu, hal yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana menanggulangi banjir pada saat air sungai mengalami pasang. Meskipun sistem drainase sudah baik, namun banjir tetap tak tertanggulangi saat terjadi air pasang.

“Makanya perlu dilakukan koordinasi yang intens dengan Balai Wilayah Sungai (BWS, Red.) Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Red.) untuk segera melaksanakan pekerjaan pintu air. Pintu air tersebut nantinya buka tutup dari Sungai Mahakam ke anak sungai bisa optimal dalam penanggulangan banjir saat pasang,” tutupnya. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button