Sekda PPU Sebut Kualitas Data Menentukan Capaian Pembangunan

Timur Media, Penajam – Sekretaris daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar, membuka rapat koordinasi dan penandatanganan komitmen bersama mengenai pengelolaan data statistik tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika PPU di kantor bupati PPU

Dalam kegiatan ini, Tohar menyatakan komitmen pemerintah daerah PPU dalam meningkatkan kualitas data untuk perencanaan dan pembangunan daerah. Hal itu tak lebih untuk mencapai satu data untuk Indonesia lebih berkualitas.

“Dengan media (rakor) inilah kita akan membangun kesepahaman. Tentunya dalam menuju satu data Indonesia berkualitas, data yang notabenenya dikelola oleh pemerintah kabupaten untuk kepentingan kita,” terangnya. Selasa (6/2/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa langkah ini dilakukan untuk meningkatkan tata kelola data yang berkualitas. Dengan komitmen keterlibatan aktif dari semua pihak, termasuk perangkat daerah, Instansi Vertikal, lembaga, dan instansi lainnya, diharapkan penyediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan dapat terwujud.

“Ini bisa dikontribusi oleh tatanan kita menetapkan 36 unit kerja perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Tinggal masing-masing perangkat daerah saja menentukan mana data yang memiliki kualifikasi untuk keperluan kita ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Herlambang, Sekretaris Diskominfo PPU, berharap rakor ini mendapat dukungan dan partisipasi aktif dari semua kepala perangkat daerah, instansi, bahkan lembaga vertikal, untuk terus meningkatkan peran mereka sebagai produsen data dan wali data pendukung dalam pengelolaan data statistik sektoral yang berkualitas.

“Insya Allah dengan dukungan dan peran aktif kepala perangkat daerah, instansi, lembaga vertikal, di tahun-tahun akan datang kita bisa meraih predikat yang terbaik dalam pengelolaan data statistik sektoral serta mendapatkan manfaat secara langsung dalam pemanfaatan data-data yang berkualitas,” pungkasnya. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button