Sariman Minta Pemerintah PPU Perhatikan Jabatan Kades 9 tahun  

Timur Media, Penajam – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sariman meminta Pemerintah Kabupaten PPU untuk berhati-hati dalam menentukan kebijakan desa. Pasalnya, saat ini masa jabatan 9 tahun kepala desa sudah disahkan.

Sariman, Sekretaris di Komisi I DPRD Kabupaten PPU itu menuturkan permasalahan masa jabatan akan sangat berpengaruh terhadap adanya pemilihan kepala desa di 14 desa di PPU yang kebetulan telah selesai dilaksanakan.

“Hal ini akan sangat berpengaruh di 14 desa PPU yang saat ini telah melaksanakan pemilihan kepala desa atau kades itu,” kata Sariman. Selasa, 7 November 2023.

Terjadinya pengesahan RUU Desa itu, sebelum atau sesudah pelaksanaan maka akan terjadi potensi masalah yang cukup besar. Tak hanya di pemerintah daerah Kabupaten PPU, bahkan di kalangan masyarakat desa pasca ditetapkannya Kepala Desa (Kades) terpilih tersebut.

“Saya berharap pemerintah daerah dapat mempelajari serta berhati-hati atas fenomena yang terjadi atas undang-undang ini. Karena undang-undang ini berlaku secara otomatis untuk masa jabatannya kepala desa,” ujarnya.

Sariman sangat berharap pemerintah daerah Kabupaten PPU, bisa memperhatikan aturan yang telah ditetapkan. Jangan sampai menurutnya Kades terpilih melakukan sejumlah aksi karena belum mendapatkan sosialisasi secara baik.

“Pemerintah di daerah harus bisa melakukan sosialisasi terkait masa kerja Kades 9 tahun itu, Jangan sampai nanti kades terpilih ini malah tidak paham, bagaimana mekanismenya saat ini,” pungkasnya.(ADV) 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button