RSUD Ratu Aji Putri Botung Butuh Alat CT Scan

Timur Media, Penajam – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sangat membutuhkan alat CT Scan untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat.

Hingga kini, Rumah sakit milik Pemerintah daerah tersebut belum memiliki alat CT Scan, sehingga pihaknya melayangkan permohonan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Alat kesehatan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah CT Scan. Saat ini kita sudah ajukan permohonan ke Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, ” kata Direktur RSUD RAPB, dr. Lukasiwan Eddy Saputro.

Diakuinya, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim dinilai telah menindaklanjuti usulan tersebut dengan berkunjung ke RSUD RAPB untuk melihat kesiapan ruangan untuk alat CT scan.

DIketahui, anggaran yang dibuthkan  untuk memenuhi kebutuhan CT scan di RSUD Ratu Aji Putri Botung mencapai Rp16 miliar.

“Kami berharap tahun ini dapat direalisasikan karena itu sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan,” akunya.

Sekedar informasi, CT scan merupakan memberikan hasil pemindaian dalam potongan yang lebih kecil dan detail untuk mendiagnosis penyakit atau cedera.

Selain kecelakaan, tindakan medis ini sering kali menjadi pemeriksaan pilihan untuk mendiagnosis penyakit kanker, seperti kanker hati, kanker paru, dan kanker pankreas. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button