AdvDPRD PPU

Raup : Meski Belum Pasti, Peletakan Batu Pertama Bakal Menarik Investor

TIMUR MEDIA, PENAJAM – Kabar peletakan baru pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar) kian santer terdengar. Namun hingga kini belum ada kepastian yang diterima oleh pemerintah daerah maupun para perwakilan rakyat setempat atas waktu dan tempat peletakan batu pertama pembangunan IKN tersebut.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten PPU Raup Muin kepada awak media ketika ditemui mengatakan, secara kelembagaan pihaknya belum mendapat informasi pasti terkait rencana peletakan batu pertama tersebut.

“Tapi kami sebagai perwakilan rakyat di wilayah setempat berharap peletakan batu pertama secepatnya dilakukan karena banyak manfaatnya khususnya bagi PPU,” kata Raup Muin, Jumat (26/3/2021).

Kalau pemindahan IKN mulai berlangsung tentu akan berdampak sangat baik terhadap perputaran roda ekonomi di PPU, karena menurutnta hal itu akan menarik investor untuk berinvestasi di Benuo Taka, sehingga lapangan pekerjaan yang luas dan peluang usaha bagi masyarakat akan tercipta.

Karenanya lanjut Raup, Pemerintah harus melakukan persiapan sejak dini khususnya dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM).  Peningkatan kemampuan masyarakat setempat sangat penting dan harus segera terlaksana. Dalam mengasah kemampuan masyarakat pun dapat bekerja sama dengan pihak swasta yang ada di PPU.

“Contohnya seperti PT Pertamina, disitu kan ada CSR (Corporate Social Responsibility)-nya itulah yang dipakai untuk peningkatan SDM khususnya pemuda supaya nanti tidak menjadi penonton di daerah sendiri,” pungkasnya. (TH/Adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button