Penajam Paser Utara

PPU Dapat 1000 Dosis Vaksin Covid-19

Diprioritaskan untuk 500 Nakes

Reporter : Teguh

TimurMedia, Penajam  – Pendistribusian Vaksin Covid-19 oleh pemerintah pusat sudah dilakukan. Di Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) mendapat jatah sebanyak 25.550 dosis yang nantinya akan didistribusikan kepada seleuruh kabupaten yang ada di Provinsi Kaltim.

Jatah vaksin yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dikatakan Kepala Dinas Kesehatan yang juga juru bicara satgas percepatan penanganan Covid-19 dr. Grace Mangkisurat, diperkirakan sebanyak 1000 dosis vaksin.

Vaksin produksi perusahaan farmasi Sinovak  itu rencana akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang ada dikabupaten tersebut.

“Kita terima 1000 dosis,” ungkap dr. Grace saat di hubungi media ini. Selasa 12 Januari 2021.

Sesuai dengan instruksi dari Kementrian Kesehatan, rencananya vaksin tersebut fokus untuk tenaga kesehatan (Nakes) yang ada di kabupaten setempat.

“1000 vaksin itu untuk 500 tenaga medis, untuk dua kali pemberian vaksin, setiap tenaga medis”jelas dr. Grace.

Persiapan pemberian vaksin kepada nakes diawali dengan pelatihan petugas pemberi vaksin atau vaksinator terlebih dahulu. Setelah itu baru lakukan vaksinasi terhadap
nakes yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19.

“Vaksinator sudah dilatih pada tanggal 8-9 Januari lalu, rencananya vaksinasinya tanggal 14 Januari,” jelas dr. Grace.

Namun disayangkan, dari jumlah 1000 dosis vaksin yang diterima kabupaten PPU tidak dapat menutupi kebutuhan vaksin untuk tenaga medis yang ada.

“500 itu tidak semus nakes yang ada di PPU, jadi nampaknya ada yang tidak dapat bagian,” pungkasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button