Pj Bupati PPU Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Persemaian Mentawir di IKN Sepaku

Timur Media, Penajam – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun kembali mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam melaksanakan sejumlah kegiatan penting di Ibu Kota Nusantara (IKN) Sepaku. Salah satu agenda utama pada adalah

Dalam kesempatan Selasa (04/06/2024) peresmian persemaian Mentawir di Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Presiden Jokowi mengungkapkan apresiasi tinggi atas terlaksananya peresmian Persemaian Mentawir.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi merasa bangga atas selesainya pembangunan Persemaian Mentawir yang telah berlangsung selama hampir 1,5 tahun sejak tahun 2022. Persemaian ini memiliki kapasitas mencapai 15 juta bibit per tahun, yang akan digunakan untuk rehabilitasi hutan dan reklamasi lubang bekas tambang.

“Bibit-bibit tersebut akan digunakan untuk merehabilitasi hutan maupun mereklamasi lubang bekas tambang. Dan pohon-pohon endemik, tanaman-tanaman endemik yang ada di Kalimantan semuanya ada di persemaian Mentawir ini,” jelas Jokowi.

Ia menambahkan bahwa bibit-bibit ini juga akan ditanam di beberapa titik untuk makanan satwa dan burung, dengan harapan dapat memunculkan kembali satwa-satwa yang sudah berkurang atau hilang.

Pj. Bupati PPU Makmur Marbun, saat ditemui usai peresmian, menyatakan dukungan penuh dari pemerintah kabupaten PPU terhadap langkah positif pemerintah pusat dalam pembangunan IKN di kabupaten tersebut.

“Persemaian ini adalah salah satu langkah pemerintah untuk menghijaukan IKN. Karena IKN ini memang dirancang sebagai kota ramah lingkungan terbaik di dunia nantinya,” jelasnya. (ADV) (Humas) (Diskominfo)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button