Pemkab PPU Lakukan Evaluasi Kelembagaan untuk Tingkatkan Efisiensi dan Kualitas Pelayanan

Timur Media, Penajam – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun mengaku sejak 5 Juni lalu, pemerintah daerah telah melaksanakan penguatan dan evaluasi kelembagaan di lingkungan pemerintahannya.

Menurutnya hasil pelaporan mengenai penataan perangkat daerah yang berfokus pada perlindungan, pelayanan, pemberdayaan, dan peningkatan kesejahteraan yang efektif, efisien, dan berkualitas telah disampaikan.

“Saat ini kita harus bisa memprioritaskan beberapa aspek, perlu kita tanggapi secara serius ya, jangan bermain-main,” tegas Makmur Marbun, Jumat (15/06/2024).

Meskipun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) telah dibentuk sesuai dengan peraturan yang berlaku, proses evaluasi mengungkapkan masih adanya tumpang tindih dalam tugas pokok dan fungsi (tupoksi), urusan, serta tipologi yang tidak sesuai. Hal ini menjadikan evaluasi kematangan kelembagaan sebagai langkah penting dalam mewujudkan SKPD yang tepat fungsi, tepat proses, dan tepat ukuran.

“Dengan adanya evaluasi kematangan kelembagaan di lingkungan Pemkab PPU, diharapkan dapat tercapai efisiensi dan kematangan struktur perangkat daerah. Selain itu, ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten PPU,” ujarnya.

Tujuan akhir dari evaluasi ini adalah terwujudnya pelayanan yang berintegritas, kompeten, profesional, berkinerja tinggi, serta bebas dari praktik-praktik pelanggaran hukum. Pemerintah Kabupaten PPU berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik demi kesejahteraan masyarakat.

“Semoga saja seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab PPU dapat bekerja lebih efektif dan efisien, memberikan pelayanan terbaik, serta mendukung tercapainya tujuan pembangunan daerah,” pungkasnya. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button