Pemkab PPU Berikan Pelatihan PBSE Untuk SDMnya

TimurMedia, Penajam – Untuk menjalakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Pasee Utara (PPU) akan mendapatkan pelatihan. Untuk merealisasikannya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU akan menggandeng Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP KOMINFO) Banjarmasin.

Kepala BPSDMP KOMINFO Banjarmasin, Abdul Rachman melakukan kunjungan kerja untuk menjalin kerjasama dalam pelatihan arsitektur SPBE di PPU. Dalam kunjungannya, ia beserta jajaran diterima Kepala Diskominfo PPU, Budi Santoso di ruang kerjanya, Jumat (24/03/2023).

Abdul menuturkan, adanya pelatihan itu untuk memberikan pemahaman terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) para Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap adanya layanan SPBE tersebut.

Karena dengan adanya arsitektur SPBE akan tahu nantinya mulai dari infrastrukturnya, SDM, keamanan informasinya pelayanan hingga proses bisnisnya seperti apa. Nantinya itu akan lengkap apabila ASN di PPU bisa dilatih dan akan di implementasikan,” ungkapnya.

Ia optimis, setelah diadakan pelatihan itu tentu nantinya akan mengimplementasikan SPBE yang terpadu ini. Dengan tujuan untuk mencapai birokrasi dan layanan publik yang berkinerja tinggi dalam era digital.

“Kami yakin dengan pelatihan SPBE ke depan tentu akan merubah pemahaman SDM dan kemudian nanti juga akan mengubah budayanya. ketika kita sudah terbiasa dengan layanan SPBE tentu yang akan dapat untungnya itu ya masyarakat PPU sendiri,” terang Abdul.

Sementara itu, Kepala Diskominfo PPU, Budi Santoso berharap ke depan akan ada sinergi antara Kabupaten PPU dengan BPSDMP KOMINFO Banjarmasin. Dalam rangka peningkatan SDM di bidang digital.

“Tentu harapannya itu bisa direalisasikan, apakah nanti kita menggunakan anggaran perubahan atau anggaran murni di tahun 2024,” ujarnya.

Dengan adanya arsitektur SPBE di PPU, setidaknya akan ada literasi digital. Minimalnya untuk merubah kebiasaan menjadi budaya kerja E-government.

Tentu hal ini juga sebagai langkah dalam program Serambi Nusantara. Kemudian juga merupakan salah satu upaya Pemkab PPU dalam meningkatkan SDM di kawasan seputar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Yang kita tahu, bahwa IKN itu dipersiapkan sedemikan canggih nanti teknologinya juga canggih apalagi teknologi informasinya. Ya untuk mengurangi gap ini, maka kita harus mempersiapkan dari sekarang,” pungkasnya.(ADV)

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button