Samarinda

Pembebasan Lahan di Karang Mumus Terbukti Efektif

TIMURMEDIA – Geliat penanggulangan banjir di Kota Teian terus mendapat perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda. Salah satunya adalah pembebasan lahan di sekitar bantaran Sungai Karang Mumus. Mohammad Novan Syahronny Pasie, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda menyatakan, pembebasan lahan menjadi tugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Samarinda. Dia mendorong, proses itu rampang tahun ini.

“Terutama pemukiman di sekitar bantaran sungai di Jalan A. M. Sangaji sampai jembatan Gatot Subroto, hingga ke Jalan Tarmidi,” katanya.

Menurut Mohammad Novan Syahronny Pasie, hal itu perlu dilakukan. Sebab, penyelesaian pembebasan lahan di bantaran Sungai Karang Mumus telah terbukti efektif dalam mengurangi debit air banjir. “Ini juga akan mempercepat pekerjaan penurapan oleh BWS (Balai Wilayah Sungai, Red.) Kementerian PUPR,” ujarnya.

Dismaping itu, Mohammad Novan Syahronny Pasie mengungkapkan, persoalan sampah juga masih perlu diprioritaskan pada 2023 ini. Misalnya pemindahan Tempat Pembuangan Akhir Gunung Sampah ke TPA Sambutan mesti disegerakan. Disamping itu juga dioptimalkan realisasi TPA alternatif di Batu Cermin.

“Dalam hal pembuangan sampah, masyarakat juga mesti diedukasi secara kontinyu untuk tidak membuang sampah di sungai serta juga bisa memilah sampah organik dan nonorganik,” tukasnya. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button