DPRD Bontang

Pembangunan Pasar Loktuan Bontang Perlu Dipercepat

TIMUR MEDIA – DPRD Kota Bontang mengusulkan agar pembangunan Pasar Citra Mas Loktuan Bontang dipercepat. Beberapa alasan dikemukakan.

Antara lain, para pedagang mengeluhkan kondisi pasar sementara yang dibangun secara swadaya. Kemudian, beberapa pedagang tidak mampu melanjutkan mata pencahariaannya pasca paar terbakar.

Karena itu, Wakil Ketua DPRD Bontang Agus Haris mendesak Pemkot Bontang untuk merealisasikan lapak Pasar Citra Mas Loktuan pasca kebakaran yang telah dijanjikan melalui dinas terkait.

Agus Haris mengatakan, DPRD Bontang telah melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah melalui dinas terkait dan pihaknya telah memberikan waktu satu minggu untuk segera merealisasikan lapak yang dijanjikan.

“Alasan kita minta satu minggu karena di samping pemerintah punya alokasi anggaran Biaya Tak Terduga (BTT) juga ada bantuan dari pihak perusahaan. Sehingga jika ini dikoordinasikan, maka bisa cepat terealisasi,” ujar Agus Haris Selasa 9 Maret 2021.

Agus Haris mengingatkan agar pemerintah segera merealisasikan tenda darurat yang telah dijanjikan kepada pedagang Pasar Citra Mas Loktuan. Pasalnya, hal itu merupakan kepentingan orang banyak.

”Bukan hanya pedagang, tetapi kepentingan masyarakat yang dilayani dan pasar itu merupakan salah satu pokok utama untuk kehidupan masyarakat Bontang,” ujar Agus Haris.

Menurut Agus Haris, pemerintah dapat menggunakan anggaran BTT dapat digunakan untuk merealisasikan lapak tersebut. DPRD Bontang juga telah meminta pemerintah agar ada kegiatan di kawasan pasar.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang meminta agar pemerintah segera melakukan penyempurnaan untuk Pasar Baru Citra Mas Lok Tuan. Para pedagang mengeluhkan mata pencaharian usai pasar terbakar. Karena itu, pembangunan pasar sementara pun harus dibangun.

“Pemerintah perlu secepatnya menyelesaikan pembangunan pasar baru Citra Mas, agar pedagang bisa mendapatkan tempat yang layak untuk melakukan aktivitas jual beli,” ujar Bakhtiar Wakkang dalam rapat dengar pendapat, 10 Maret 2021.

Menanggapi usulan anggota DPD Bontang, Kepala Dinas Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Bontang, Asdar Ibrahim mengatakan pihaknya mulai melakukan penyempurnaan pembangunan pasar baru Citra Mas Loktuan. Beberapa bagian sedang diperbaiki.

”Progres penyelesaian pekerjaan pasar baru tinggal 90 persen. Penyambungan sarana air bersih, sambungan listrik, serta sambungan saluran pipa di antar kios. Saat ini tinggal beberapa penyempurnaan lagi seperti pembuangan IPAL, pembuatan plang lokasi pasar, pagar keliling, perangkat instalasi listrik kios dll, item pembangunan itu akan dilanjutkan dengan menggunakan post anggaran Rp2,4 miliyar tinggal menunggu lelang di bulan April,” ujar Asdar Ibrahim. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button