Pembangunan Kota Penyangga IKN Perlu untuk Percepatan Ekonomi

TIMURMEDIA – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda, Mohammad Novan Syahronny Pasie mengatakan pengembangan pembangunan kota penyangga Ibu Kota Negara juga mempercepat pertumbuhan pembangunan di Kalimantan Timur.

Dia menegaskan tidak ingin Kota Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kaltim justru tertinggal dalam pembangunannya dan menyebabkan beberapa permasalahan sosial.
Untuk itu, Mohammad Novan Syahronny Pasie menyatakan, pembangunan IKN juga harus dibarengi dengan penguatan dan pembangunan di daerah kota penyanggah.

“Kita juga punya penyesuaian, IKN nantinya sebagai kota yang besar dan kota-kota penyangganya juga besar,” katanya.

Mohammad Novan Syahronny Pasie menjelaskan, pembangunan IKN merupakan upaya pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif, dengan menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru, sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa semata.

IKN Nusantara sekaligus wujud pengarusutamaan simbol identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia.

Dalam perjalannya, IKN Nusantara sejak awal dirancang sebagai katalis untuk membuka potensi ekonomi Indonesia secara keseluruhan, mendorong pertumbuhan, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi kemiskinan.

“Dengan menjadikan IKN Nusantara sebagai simbol identitas bangsa serta pusat gravitasi ekonomi baru yang diharapkan dapat membawa multiflier effect dengan menjadikan episentrum pertumbuhan yang akan semakin merata ke wilayah luar Jawa guna mendukung pembangunan Indonesia Sentris menuju Indonesia Maju 2045,” tukasnya. (adv)

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button