Pastikan Kesiapan Angkutan Mudik, Dishub PPU Cek Kendaraan Angkutan Mudik

Timur Media, Penajam – Pastikn keamaan dan kelacaran arus mudik dan arus balik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Penajam Paser Utara (PPU) lakukan pengecekan angkutan umum dan persiapan pos pengamanan.

Kepala Dishub PPU Andi Singkerru mengatakan, Inspeksi kendaraan angkutan umum atau ramp check dilakukan pada Senin (10/04/2023) lalu di terminal Penajam. Hal ini untuk menjamin kesiapan serta antisipasi kejadian darurat yang mungkin terjadi.

Pengecekan kelaikan angkutan, yang beroperasi jelang lebaran, meliputi memeriksa kondisi kendaraan baik itu mesin, KIR, pajak-pajak kendaraan. Termasuk kita bergabung dengan Polres terkait dengan SIM-nya mereka, STNK-nya mereka..

“Ya memang (jika ada yang) tidak laik itu, kita instruksi jangan jalan sehingga mereka benar-benar menjaga apa yang menjadi kewajiban. Dalam arti bahwa kewajiban menjaga penumpang, kemudian juga di jalan bisa terpenuhi apa yang menjadi kewajiban pemerintah,” ungkap Andi. Senin 17 April 2023.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ramp check di terminal, telah disosialisaikan pula perihal keselamatan dan keamanan berkendara kepada pengemudi angkutan umum maupun penumpang. Penumpang tidak perlu ragu untuk menegur atau pun melaporkan supir angkutan yang tidak tertib saat berkendara.

Persiapan jumlah angkutan baik di darat maupun laut diungkapkan Andi dapat memenuhi kebutuhan pemudik. Tidak ada penambahan armada untuk angkutan darat, sedangkan untuk penyebrangan laut (Teluk Balikpapan), telah disiapkan 19 armada (kapal feri) yang akan beroprasi.

Puncak arus mudik, sebut Andi, diperkirakan akan terjadi pada 19 April 2023, sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 25 April 2023. Ia meminta agar pengendara dapat berhati-hati dan mengutamakan keselamatan agar dapat tiba di kampung halaman dan bertemu keluarga dengan gembira.

“Sebagai informasi juga untuk terkait dengan pengamanan lebaran ini, kita sudah juga mendirikan posko. Untuk Dishub mendirikan dua posko, di Pelabuhan Feri, kemudian yang ada di Tunan, bergabung bersama dengan Polres. Kemudian satu juga tenda kecil yang ada di terminal,” pungkasnya. (ADV)(Diskominfo)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button