AdvBalikpapanDPRD Balikpapan

Parlemen Bahas APBD 2022

Reporter | Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Pihak Parlemen Balikpapan bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot), melaksanakan rapat paripurna. Kali ini dengan beragendakan penyampaian pendapat akhir para Fraksi, terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Juga disambung dengan, penandatanganan berita acara serta penyampaian Walikota Balikpapan terkait nota penjelasan Rancangan Peraturan (Raperda) tentang APBD tahun anggaran 2022.

“Dari penyampaian akhir para fraksi, semuanya menyetujui RPJMD 2021-2026, yang tahapannya selanjutnya tinggal dilakukan evaluasi oleh Gubernur Kaltim.” Ujar Ketua Parlemen Balikpapan Abdulloh, pasca memimpin rapat paripurna, Senin. 25/10/2021.

Dalam pembahasan rapat tersebut, juga disebutkan bahwa alokasi anggaran untuk membiayai pembangunan infrastruktur Kota Balikpapan direncanakan naik menjadi Rp100 miliar pada 2022 mendatang.

Hal demikian disampaikan oleh Ketua Parlemen, Ia menilai bahwa peningkatan alokasi anggaran, cukup signifikan di tahun depan. Dikarenakan Parlemen dan Pemkot telah bersepakat untuk memfokuskan penggunaan anggaran dalam pembiayaan infrastruktur.

Realisasi untuk peningkatan kualitas jalan tahun lalu hanya dianggarkan sekitar Rp30 miliar. “Hal demikian karena memang tahun depan lebih fokus terhadap infrastruktur, makanya jadinya lebih besar,” Paparnya.

Sambungnya, ia juga menyebutkan anggaran infrastruktur 2022 naik di angka Rp.100 miliar. Didalamnya terdiri dari Rp60 miliar, guna membiayai proyek perbaikan jalan lingkungan. Sisanya akan dipergunakan untuk peningkatan jalan utama.

“Sedangkan untuk jalan yang sudah ditingkatkan, menggunakan cor beton, kita akan tingkatkan kembali dengan menggunakan aspal.” Sambungnya.

Selain itu, juga pihaknya akan mengalokasi anggaran infrastruktur lainnya, seperti proyek penanganan banjir sebesar Rp150 miliar. Sedangkan Pembangunan Rumah Sakit, Sekolahan dan beberapa sektor lain akan dialokasikan setelahnya, karena menjadi Visi dan Misi Walikota Balikpapan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button