AdvBalikpapanDPRD BalikpapanPariwisata

PAD Sektor Pariwisata Balikpapan Menurun

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapan di sektor Pariwisata kemungkinan akan menurun pada tahun ini. Hal demikian disampaikan oleh anggota Parlemen Komisi II Sukri Wahid. Senin,13/09/2021.

Ia mengatakan karena dapat dilihat dari asumsi destinasi wisata alam, berlokasi pada Pantai Manggar Sagara Sari yang saat ini baru Rp1,2 miliar.

“Targetnya itu 1,9 miliar, sisa tiga bulan lagi. Persoalannya apakah restribusi tercapai atau tidak,” ujarnya.

Akibatkan postur perubahan anggaran yang akan dibahas kemungkinan akan melakukan evaluasi restribusi di bidang pariwisata.
“Boleh jadi restribusi akan dievaluasi termasuk pantai Manggar,” sambung Sukri.

Adanya rencana akan menurunkan restribusi Pariwisata, namun Syukri menyebut, ada dana yang tetap dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021 untuk bidang Pariwisata.

“Program baru untuk Dinas Pariwisata sekitar Rp3 miliar. Untuk pantai Manggar Rp1,6 miliar diperuntukkan membuat gapura,” jelasnya.

Anggota Komisi II itu juga menilai wisata alam Pantai Manggar memiliki potensi menopang PAD Balikpapan. Sehingga perlu anggaran untuk menjadikan pantai tersebut, agar tetap menjadi tempat berkunjung masyarakat Balikpapan.

“Kita liat potensinya pantai Manggar, kan pernah sebelum pandemi Rp4 miliar,” Tutup Sukri.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button