Makmur Marbun Audiensi dengan Komnas HAM Bahas Penyelesaian Masalah TORA dan Dampak Sosial

Timur Media, Penajam – Pj Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun, mengadakan audiensi dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang dipimpin oleh Wakil Ketua Bidang Eksternal, Abdul Haris Samendawai.

Pertemuan ini berlangsung di ruang kerja Pj Bupati PPU pada Kamis (14/06/2024), dengan agenda utama membahas tindak lanjut penyelesaian masalah dan dampak sosial terkait lahan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dan isu lainnya.

Makmur Marbun didampingi oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nicko Herlambang, serta Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sodikin, menyampaikan peran penting Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan legalitas dan sengketa lahan masyarakat.

“Audiensi ini membicarakan peran Pemerintah Daerah dalam penyelesaian legalitas dan masalah sengketa lahan masyarakat, serta penyelesaian dampak sosial warga terdampak bandara VVIP,” ujar Makmur Marbun.

Makmur Marbun juga menjelaskan bahwa salah satu solusi untuk penyelesaian dampak sosial adalah memberikan dana penggantian lahan yang sesuai dengan nilai lahan dan tanaman yang tumbuh di atasnya.

“Anak-anak dari warga yang lahannya terdampak bandara VVIP IKN juga akan diberikan pelatihan khusus agar dapat bekerja di bandara VVIP IKN di masa depan,” ucapnya.

Dalam konteks Reforma Agraria, TORA atau Tanah Objek Reforma Agraria adalah tanah yang dikuasai oleh negara dan/atau tanah yang telah dimiliki, dikuasai, dan/atau dimanfaatkan oleh masyarakat untuk diredistribusi atau dilegalisasi.

TORA mencakup tanah dari Kawasan Hutan, non-Kawasan Hutan, dan hasil penyelesaian Konflik Agraria. Selain TORA, Reforma Agraria juga mencakup empat subjek yaitu orang perseorangan, kelompok masyarakat dengan hak kepemilikan bersama, masyarakat hukum adat, dan badan hukum. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button