AdvDPRD Balikpapan

Lima Raperda Inisiatif Parlemen Akan Disahkan

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Parlemen Balikpapan, Andi Arif Agung menyebut, tahun ini ada lima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang akan menjadi perda dari tujuh inisiatif Parlemen.

A3 sapaan akrabnya ini menerangkan, tahapannya saat ini ada tiga Raperda yang telah siap sampai akhir bulan Oktober.

Pertama, Raperda Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis yang dua hari lalu, Senin (27/9/2021) masuk dalam pembahasan revisi dan pandangan fraksi-fraksi.

“Raperda yang baru disahkan, disepakati tentang sampah rumah tangga dan sampah sejenis,” ujarnya.

Kedua, Raperda tentang Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Tahapannya akan disahkan senin depan.
“Baru selesai fasilitasi dari biro hukum dan biro pemerintahan, mudah-mudahan jadwalnya Senin, kita mau sahkan perda tentang PKL,” ungkap Ketua Bapemperda.

Ketiga, sambung Andi Arif, Raperda Pajak Hiburan juga akan disahkan akhir bulan Oktober ini.

“Progresnya baru di nopen, besok kita sudah masuk di tanggapan Wali Kota, jadi 3 Perda ini yang kemudian insya Allah nanti akan kita selesaikan di Minggu ke-4 bulan Oktober,” ungkap politisi partai Golkar itu.

Terkait Raperda inisiatif Parlemen Balikpapan, yang sudah disahkan menjadi Perda adalah tentang kearsipan beberapa bulan lalu. Ke depan akan menyusul pula pengesahan Perda Pelayanan Kepemudaan.

“Perda Kepemudaan, soalnya kalau tidak ada halangan, tadi sudah kita jadwalkan kisaran tanggal 25 sampai tanggal 27 Oktober. Anggap aja momentumnya momentum sumpah pemuda,” terang Andi Arif Agung.

Menurut Ketua Bapemperda yang juga anggota Komisi I itu, ada beberapa Raperda lain yang juga sedang dikejar pengesahannya sampai akhir tahun 2021 ini.

Diantaranya adalah Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Raperda penyelenggaraan transportasi.

“Inisiatif DPRD selama ini telah on the track dari ketujuh Raperda, dan insya Allah kita bisa menuntaskan lima. Keterlambatan nanti kita dorong tahun 2022.” Tutupnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button