Lahirkan Personel Satpol PP PPU Bertintegritas Melalui Diklatsar

Timur Media, Penajam – Sebanyak 98 personel dari 190 personel yang ada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Penajam Paser Utara (PPU) mengikuti Diklatsar yang dilaksanakan di di Kompi C Yonif Raider Petung sejak Selasa (4/7/2023).

Kepala Satpol PP PPU, Margono Sutanto mengatakan Personel Satpol-PP yang berintegritas diharapkan lahir melalui pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) 2023 ini. Sehingga membentuk sikap dan perilaku disiplin personel satuan tersebut.

“Tujuannya yang pasti menanamkan nilai-nilai sikap serta perilaku yang disiplin, bagaimana kita sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda) maupun Peraturan Kepala Daerah (Perkada) harus memiliki citra yang baik, ” ujarnya, Kamis (6/7/2023).

Ia berharap dengan diadakannya Diklatsar tersebut personel Satpol-PP dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan secara profesional dan penuh disiplin. Menanamkan nilai disiplin, etika, sikap dan perilaku serta mentalitas menjadi tujuan utama Satpol PP PPU.

“Ada 98 personel yang mengikuti Diklatsar tersebut. Kami melibatkan TNI/Polri sebagai pelatih,” sebutnya.

Ia juga mengatakan bahwa Satpol-PP merupakan penegak Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) serta penyelenggaraan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat. Oleh karena itu, citra dan profesionalitas harus dikedepankan dalam melakukan penindakan.

Dengan adanya pelatihan tersebut, lanjut Margono, dapat mengoptimalkan kinerja untuk mendukung terwujudnya daerah yang aman dan kondusif. Ditambahkan, selain menanamkan nilai disiplin, etika, sikap dan perilaku serta mentalitas, pelatihan tersebut juga salah satu upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi personel Satpol PP.

“Perlindungan masyarakat itu kan banyak ya, jadi bagaimana kita mau menegakan aturan kalau citra kita sendiri saja jauh dari kata ideal. Saya harap dengan adanya pelatihan ini, mereka dapat melihat potensi-potensi pelanggaran yang berkaitan dengan penegakan Perda dan Perkada,“ pungkasnya. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button