Kunjungi 5 Sekolah, Damayanti Sebut Perpustakaan Banyak yang Rusak

TIMURMEDIA – Fasilitas sekolah negeri kembali disorot Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda. Perpustakaan, terutama di sejumlah sekolah di Kota Tepian, diharap untuk diperbaiki.

Sebab, DPRD Kota Samarinda menilai untuk mencapai cita-cita menjadi pusat peradaban harus lebih dulu meningkatkan literasi secara meluas di kalangan masyarakat Kota Samarinda.

Hal ini disampaikan anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Damayanti, usai mengunjungi sejumlah sekolah di Kota Samarinda. “Saya berkunjung ke SDN (Sekolah Dasar Negeri, Red.) 012, SDN 016 dan SDN 018. Di sana perpustakaan malah buruk bahkan bocor dan buku-bukunya berserakan. Bahkan SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri, Red.) 21 dan SMPN 22 juga seperti itu,” ucapnya, Jumat 10 Februari 2023.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini mengatakan, perpustakaan harus update dan sebaiknya juga dikelola oleh pustakawan, dan sesuai dengan tugas dan fungsinya. “Masih punya kekurangan selain bangunan, isinya juga buku-bukunya sudah harus update dan mendapatkan bantuan dari perpustakaan daerah ataupun pusat,” jelasnya.

Menurut Damayanti, jika untuk meningkatkan literasi masyarakat, Pemkot juga harus melirik perpustakaan di sekolah Samarinda. “Kalau pemerintah memiliki program peningkatan literasi ke masyarakat itu harus perhatikan dan disediakan infrastruktur terutama di sekolah SD dan SMP,” pungkasnya. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button