BalikpapanPolitik

KPU Balikpapan Launching Tahapan Pemilu 2024

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar launching tahapan Pemilu 2024 secara virtual yang disaksikan seluruh KPU provinsi dan kabupaten kota, termasuk KPU Kota Balikpapan, Selasa (14/06/2022) malam.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha menjelaskan, launching tahapan Pemilu INI sebagai bukti bahwa KPU siap melaksanakan Pemilu 2024.

“Acara hari ini bahwa bukti KPU sudah siap melaksanakan Pemilu 2024, tahap awal pusarannya masih di Jakarta karena di Jakarta menyusun anggaran dan menysun reguilasi,” ujar Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha

Lanjutnya, disampaikan pula bahwa akhir Juli dan menjelang Agustus 2022. Nantinya KPU, akan membuka pendaftaran untuk partai politik dan berpusat sentral di Jakarta. Setelah mendaftar, nantinya pusat akan mengelontorkan berkas ke kabupaten atau Kota.

Sampai saat ini, ada 75 partai politik yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham. Namun, apakah nantinya menjadi peserta pemilu atau tidak tergantung hasil verifikasi aktual dan faktualnya.

“Jadi ada partai politik yang diverifikasi administrasi saja serta, ada partai politik diverifikasi administrasi dan faktual. Apakah partai politik itu masuk parliamentary threshold. Atau yang sering di sebut ambang batas parlemen, apa tidak,” ucap Noor Thoha.

Sambungnya, KPU pun, akan melakukan sosialisasi ke parpol maupun masyarakat dalam waktu dekat. Khususnya sosialisasi menyangkut tahapan pemilu sesuai Peraturan KPU.

“KPU Balikpapan dalam waktu dekat akan sosialisasi tahapan, jadi tahapan yang sudah ditetapkan KPU melalui PKPU Nomor 3 itu nanti kita akan sosialsiasikan,” ujarnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button