Balikpapan

Klarifikasi, Atas Vidio Amatir Pemukulan

Kepala Satpol PP klarifikasi atas vidio amatir pemukulan yang beredar

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Banyak beredar beberapa vidio yang direkam oleh pengendara lalulintas dan memperlihatkan pemukulan anggota Satpol PP ke pengamen di lampu merah Kilometer (Km) 3.5 Balikpapan. Saat melakukan penertiban anak jalanan (anjal) gelandangan serta pengemis (gepeng) pada pagi hari, Kamis. 25/11/2021.

Dalam video amatir tersebut, terlihat petugas Satpol PP dengan bergerombol beberapa kali memukul pengamen meski sudah berusaha di lerai oleh anggota lainnya.

Menanggapi hal itu, klarifikasi hadir dari Kepala Satpol PP, ia mengatakan bahwa taidak ada unsur kesengajaan dalam kejadian tersebut. Dikatakannya juga, pemukulan itu hanyalah bentuk reflek petugas saat mengamankan seorang pengamen yang hendak lari saat ditertibkan.

“Saat mau ditertibkan, diamankan mereka lari maka tidak sengaja tersikut muka salah satu anggota. Refleklah membela diri jadi tidak ada unsur pemukulan,” ujar Zulkifli.

Menurutnya, kejadian ini murni ketidak sengajaan di lapangan karena saat penertiban yang kerap dilakukan petugas Satpol PP. Baik anjal, gepeng, pengamen maupun badut di Balikpapan banyak yang berusaha menghindari petugas.

“Tidak ada unsur pemukulan yang bersifat sengaja,” tegasnya.

Sambungnya, penertiban Satpol PP memang rutin dilakukan karena maraknya pengamen, badut, anjal dan gepeng berkeliaran di trotoar dan lampu merah.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button