Ketua DPRD PPU Harap Maasyarakat Lokal Dapat Jadi Tenaga Kerja Pembangunan IKN

Timur Media, Penajam – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berharap masyarakat setempat dpat menjadi tenaga kerja lokal dan menjadi pekerja di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua DPRD Kabupaten PPU, Syahrudin M Noor mengatakan bahwa dengan adanya proyek pembangunan di IKN Nusantara diharapkan dapat mengutamakan tenaga kerja lokal, terlebih kepada masyarakat yang telah memiliki sertifikasi.

“Kontraktor atau perusahaan yang mengerjakan proyek IKN kami harap dapat mengakomodir warga lokal,” ucapnya, Rabu (29/03/2023 ).

IMG 20230203 103704 1024x769 Copy Copy
Ketua DPRD PPU Syahruddin M Noor teguh | Timur Media | Referensi Baru

Syahrudin juga menjelaskan bahwa kurang lebih 700 warga setempat telah mengikuti pelatihan pertukangan atau konstruksi dan operator alat berat dari pemerintah pusat dan mereka telah mengantongi sertifikasi.

Dengan begitu, diharapkan warga lokal yang telah memiliki sertifikasi tersebut dapat diprioritaskan. Kendati demikian masih ada warga lokal yang telah bersertifikasi belum mendapatkan pekerjaan dalam proyek IKN.

“Diharapkan seluruh warga lokal yang telah mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat dapat diakomodir,” ucapnya.

Pemerintah daerah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2018 tentang perlindungan dan penempatan tenaga kerja lokal.

Dalam Perda tersebut mewajibkan setiap perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten PPU diwajibkan dapat mengakomodir warga lokal sebanyak 80 persen dari total kebutuhan tenaga kerja. (Adv)

WhatsApp Image 2023 04 01 at 19.16.04
Rusun Pekerja IKN teguh | Timur Media | Referensi Baru

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button