DPRD Bontang

Kegiatan Tidak Jalan, Ketua DPRD Kota Bontang Sentil OPD

TIMURMEDIA – Sejumlah kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga kini belum dilaksanakan. Padahal, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) telah disahkan. Akibatnya, implementasi program pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) terhambat.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam, mengingatkan agar OPD tidak menunda kegiatan yang sudah diparipurnakan agar penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maksimal.

“Sampai saat ini sebagian besar OPD belum melaksanakan program pembangunan 2021. Padahal DPA sudah ada,” katanya.

Andi Faizal Sofyan Hasdam menilai, sebagian OPD terkesan menunda kegiatan. Alasan yang sering terdengar adalah belum terbitnya DPA.

“Seharusnya sudah kewajiban OPD untuk menjalankan. APDB sudah diketok, otomatis program harus jalan. Hampir semua dinas menunggu DPA, nanti Agustus baru jalan. Tidak akan bisa efektif,” ujarnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga menyatakan, percepatan pelaksanaan program di setiap OPD dapat mengefisiensikan waktu.

Dampaknya adalah masyarakat bisa merasakan manfaat semua program yang digaungkan Pemkot Bontang.
Andi Faizal Sofyan Hasdam mengingatkan setiap OPD agar jangan menunggu terlalu lama melaksanakan program. Setidaknya, untuk program di masing-masing OPD tersebut sudah bisa dilakukan April 2021.

“Jangan ditunggu lebih lama lagi, apalagi kalau dimulai Juni ke Agustus. Khawatir program tersebut tidak bisa selesai dan masyarakat tidak merasakan manfaatnya,” tutupnya. (fa/ads)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button