AdvDPRD PPU

Jhon : Bangun BLK Tingkatkan Kemampuan SDM

TIMUR MEDIA, PENAJAM – Sebagai salah satu daerah yang terpilih menjadi lokasi pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) harus dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PPU, Jhon Kenedy, mengatakan peningkatan SDM perlu diperhatikan, sehingga dalam mendukung peningkatkan kualitas SDM itu, Pemerintah daerah setempat perlu membangun Balai Latihan Kerja (BLK). Dan dirinya pun mengakui telah mengagas hal tersebut.

“Pemerintah harus menyabut baik adanya rencana pembangunan BLK, daya dengan lembaga sudah mengusahakan adanya pembangunan BLK dengan bertemu langsung dengan Kementrian Tenagakerja,” Terang Jhon Kenedy.

Sambung Jhon, Perencanaan, BLK akan dibangun dengan luas dua hektare, hal tersebut sudah digagas oleh badan legislatif sejak delapan bulan silam dan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI menyambut baik perihal tersebut.

“Kalau secara administrasi itu semua hal harus dipersiapkan mulai dari lahan sampe dengan Penetapan Lokasi atau Penlok, kalau semua nya sudah rampung kami akan antarkan bersama dengan dinas terkait,” ujarnya.

Jon Kenedy juga mengatakan saat ini perencanaan pembangunan BLK tersebut masih terkendala di Penlok yang belum selesai oleh Pemerintah setempat.

Sedangkan untuk anggaran pembangunan tersebut pihaknya belum dapat dipastikan, karena hal tersebut sesuai dengan perencanaan dari daerah berapa luasan lahan yang akan digunakan.

“Kalau sudah disetujui pusat baru kita dapat pastikan, karena yang membangun bukan pemerintah daerah tetapi pemerintah pusat,” ucapnya.

Selain itu, Ia menilai di Kabupaten PPU saat ini sangat membutuhkan kehadiran BLK tersebut agar dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menyambut perpindahan IKN.

“Dengan adanya BLK akan berefek positif, karena dapat mengurangi angka pengganguran dan juga dapat meningkatkan kualitas serta keterampilan masyarakat,” pungkasnya. (TH/Adv)

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button