Izin Praktik Arsitek Kaltim Disetujui Gubernur

Samarinda, 6 Juli 2023 – Profesi Arsitek di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya mendapatkan izin berpraktik secara luas dengan terbitnya Keputusan Gubernur tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur Penerbitan Lisensi Arsitek. Keputusan tersebut merupakan hasil dari amanah Undang-Undang Arsitek No. 6 tahun 2017 dan Peraturan Pemerintah No. 15 tahun 2021 tentang Arsitek, dan menandai awal era baru praktik profesi Arsitek di seluruh Indonesia.

Izin praktik atau lisensi ini menjadi syarat wajib bagi seorang Arsitek dalam mendampingi masyarakat dalam memperoleh Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Dalam beberapa tahun terakhir, Arsitek di Kaltim telah bekerja tanpa izin formal, namun dengan adanya keputusan ini, legalitas pelayanan Arsitek menjadi lebih terjamin dan profesionalisme mereka semakin diakui.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kaltim, Arsitek Wahyullah Bandung, mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 400 anggota IAI yang tersebar di seluruh Kalimantan Timur. Dari jumlah tersebut, sekitar 100 Arsitek praktik saat ini tengah dalam proses pengajuan dan telah memperoleh Sertifikat Tanda Registrasi Arsitek (STRA) sebagai persyaratan sebelum mengajukan Lisensi/ Izin Praktik Arsitek di Provinsi Kaltim.

Penerbitan lisensi ini bertujuan untuk memberikan kejelasan mengenai peran dan fungsi sosial profesi Arsitek kepada semua lapisan masyarakat. Selain itu, dengan adanya izin ini, Arsitek lebih mudah dan tertarik untuk berpraktik di wilayah-wilayah terpencil yang selama ini kesulitan mendapatkan layanan Arsitektur. Saat ini, sebagian besar Arsitek di Kaltim terkonsentrasi di Kota Samarinda dan Balikpapan, terutama dalam persiapan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selanjutnya, IAI Kaltim akan bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kaltim untuk mempersiapkan tahapan selanjutnya, seperti ujian tulis dan wawancara, sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan Lisensi Arsitek Kaltim. Hanya Arsitek yang direkomendasikan oleh IAI Kaltim yang berhak mengikuti ujian lisensi tersebut.

Dengan langkah ini, diharapkan profesi Arsitek di Kaltim semakin berkembang dan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan berkelanjutan di wilayah tersebut. Masyarakat Kaltim kini dapat dengan percaya diri mengandalkan Arsitek profesional dalam merencanakan dan mendesain bangunan yang aman, fungsional, dan estetis

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button