Samarinda

Ini Dia Isi RDP Komisi III DPRD Kota Samarinda soal Kabar Penutupan dan Pemindahan TPS

TIMURMEDIA – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Samarinda melakukan Rapat Dengar Pendapat soal kabar penutupan dan pemindahan Tempat Pembuangan Sampah di Jalan Rajawali Dalam.

Dalam RDP tersebut, turut hadir Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda dan Forum Masyarakat Rajawali Bersatu. Sementara itu, RDP dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda, Samri Shaputra.

Seperti diketahui, masyarakat yang tinggal di sekitar TPS meminta agar TPS tidak ditutup dan dipindah oleh Pemerintah Kota Samarinda. Masyarakat yang memprotes rencana tersebut bahkan membentangkan spanduk di sekitar lokasi TPS.

Nurrahmani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda menyatakan, Pemerintah Kota Samarinda belum mengeluarkan perintah terkait penutupan dan pemindahan TPS di Jalan Rajawali Dalam.

“Kami bahkan tidak tahu terkait spanduk dan berita yang beredar di masyarakat Jalan Rajawali Dalam tersebut,” akunya.

Memang, ucap Nurrahmani, ada laporan dari staf DLH Kota Samarinda bahwa ada salah satu warga yang meminta agar TPS tersebut tidak ditutup dan dipindah.

“Tetapi baru secara lisan ke staf saya, belum ada surat resmi yang masuk dan belum ada musyawarah lagi ke masyarakat sekitar TPS tersebut,” jelasnya.

Disamping itu, Nurrahmani menguraikan, TPS tersebut bisa saja ditutup dan dipindahkan kapan saja. Akan tetapi harus mengikuti mekanisme dan aturan yang ada.

“Laporan dulu ke DLH (Kota Samarinda, Red.), baru musyawarah untuk mencarikan tempat yang dirasa cocok untuk dijadikan TPS. Langkah selanjutnya adalah musyawarah dengan masyarakat kembali terkait tempat yang akan dijadikan TPS baru,” paparnya.

“Jika masyarakat tidak keberatan baru dilakukan penutupan dan sosialisasi pemindahan TPS tersebut,” timpal Nurrahmani. (adv)

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button