Ikuti! Turnamen Catur Terbesar Pertama di Kaltim

TIMURMEDIA, SAMARINDA – Meski sudah menjadi olahraga masyarakat, pamor catur harus diakui masih kalah dibanding cabor lain. Permainan ini masih sering dianggap sebagai hiburan di waktu senggang bagi para peminatnya. Sehingga, talenta-talenta potensial kerap tak terendus radar pembinaan.

Melihat animo besar masyarakat, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Barisan Muda Daerah (Barmuda) Kalimantan Timur (Kaltim), terpanggil untuk memberikan wadah bagi pecinta catur untuk berkompetisi. Gelaran bertitel Barmuda Chess Cup 2024 pun menjadi wahana berkelas bagi atlet-atlet catur baik profesional dan warga biasa yang dikemas dengan hadiah bernilai total Rp 110 juta.

“Kami melihat olahraga ini sebenarnya banyak peminatnya. Kenapa tidak kami buat saja kejuaraan sebagai wadah mereka untuk menyalurkan hobi sekaligus prestasi,” ucap Ketua DPD Barmuda Kaltim H Anderiy Syachrum.

Dia berharap kejuaraan ini dapat memacu pengembangan olahraga catur di masyarakat. Selain itu, H Anderiy Syachrum menginginkan ada atlet-atlet andal yang muncul dari event yang dia gagas tersebut. “Tentu saya berharap akan lahir bakat-bakat baru yang menjadi pecatur andalan yang bisa memberikan prestasi bagi Kaltim,” tukasnya.

Dikonfirmasi, Technical Delegate (TD) Barmuda Chess Cup 2024 Idris, Karim, menjelaskan kejuaraan ini terbuka untuk umum. Nantinya, peserta akan dibagi dalam dua kelas lomba, master dan non-master. Besarnya nominal yang disiapkan, sontak memancing antusias masyarakat, bahkan hingga luar daerah.

“Sejauh ini yang mendaftar hampir dari seluruh Indonesia. Dari Jakarta, Kalteng, Kalsel dan Kaltara juga dari daerah Jawa,” ucap Idris.

Untuk pendaftaran peserta sudah mulai dibuka sejak Kamis 23 Mei 2024 lalu dan berakhir 18 Juni 2024 mendatang. Sementara untuk pelaksanaannya, bakal digeber di Kompleks AUBRY, Kafe Klinik Kopi, Jalan Ir H Juanda 6 Samarinda pada 21 Juni 2024 hingga 23 Juni 2024.

Disinggung untuk membedakan peserta master dan non-master, Idris menyebut pihaknya juga menggandeng Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim. Di mana, untuk peserta master, diwajibkan melampirkan sertifikasi master-nya saat mendaftar.

“Ini kami kemas secara profesional, sehingga nanti untuk peralatan serta perangkat pertandingan kami melibatkan Percasi Kaltim,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Umum Percasi Kaltim tersebut.

Kejuaraan yang diinisisasi Barmuda ini juga mendapat apresiasi positif dari salah satu altet catur Samarinda, Sugeng Prayitno. Menurut pecatur bergelar Fide Master (FM) itu, turnamen ini menjadi ajang paling besar pertama di daerah, selama 15 tahun ia tinggal di Kaltim. “Selama 15 tahun saya tinggal di Kaltim, baru ini terjadi kejuaraan catur dengan skala dan hadiah sebesar ini,” tutupnya. (fai)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button