BalikpapanIbu Kota Baru

IKN Perlu Prioritaskan Masyarakat Lokal

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), dari Jakarta ke Paser telah lama menjadi pembahasan nasional maupun lokal. Hal tersebut mendapatkan tanggapan yang lahir dari salah satu Ketua Organisasi Kepemudaan (OKP) yang juga tergabung dalam cipayung. Yaitu Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). 14/03/ 2022, pukul 18.00 – 20.00 WITA.

Dalam pertemuan informal yang berlokasi di Kopi ria MT. Haryono Balikpapan. Ketua GMKI Risto Pabimbin, turut memberikan beberapa tanggapan seputar pemindahan IKN. Risto menganggap bahwa, pemindahan Ibu Kota Negara di wilayah Kaltim adalah mega proyek.

Maka dari itu ia pun berharap agar lebih melihat serta melibatkan masyarakat lokal agar lebih merata dalam hal pekerjaan nantinya, karena akan ada pendatang dari pusat jakarta dengan pendidikan yang lebih tinggi dan akan mudah tergeser jika tidak di prioritaskan.

“Saya rasa dan menganggap bahwa pemindahan IKN adalah mega proyek, maka dari itu harapannya harus melibatkan dan lebih memanfaatkan masyarakat asli, karena jika tidak di prioritaskan maka akan tergeser.” Harapnya

 

Ia pun juga telah melakukan kajian dan diskursus dengan kawan” internal GMKI perihal solusi lompatan besar tentang Energi Baru Terbarukan (EBT). Dikarenakan, jika masyarakat berdatangan dengan jumlah banyak, tidak dapat dipungkiri, kebutuhan energi pun juga ikut naik. Sementara energi di Kalimantan berasal dari hasil bumi seperti batubara dan fosil minyak yang tidak memungkinkan kedepannya.

“Kami telah melakukan beberapa kajian di Internal, tentang EBT. Melihat energi yang dibutuhkan nantinya cukup banyak dengan adanya masyarakat dari pusat Jakarta berdatangan maka kebutuhan pun ikut Naik. Juga Energi kita yang tidak memungkinkan jika tetap bertahan memakai hasil bumi seperti batu bara dan Fosil minyak bumi,” Ujarnya

Selaku Ketua Organisasi ia beserta Internalnya akan mengawal, jika wacana EBT telah tersampaikan, dan tidak hanya sebatas rencana. Tetapi juga harus di realisasikan, guna menyokong IKN lebih baik kedepannya. Serta ia pun turut menyampaikan pula, harapannya untuk lebih memberdayakan masyarakat sekitar dengan pekerjaan dan pelatihan yang di berikan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button