HUT ke 60, DPK Kaltim Gelar Tour Library 2023

TIMURMEDIA – Hari Ulang Tahun (HUT) ke 60 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) digelar meriah, Minggu 26 November 2023. Sejumlah siswa, guru, dan orangtua, hadir dalam momen ini.

Menariknya, kali ini perayaan tersebut dirangkai dengan Tour Library 2023. Peresmiannya sendiri dilakukan secara simbolis lewat pemukulan gong oleh Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin, di Gedung Serbaguna, Gelanggang Olahraga (GOR) Kadrie Oening, Kota Samarinda.

Saat peresmian Tour Library 2023, DPK Kaltim menghadirkan sejumlah tokoh. Diantaranya Puguh Herumawan atau yang biasa dipanggil Kak Heru yang merupakan pendongeng anak Indonesia yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah (Jateng).

Selain itu ada Fitri Susilowati, Ketua Kampung Dongen Kaltim. Sosok lain yang hadir adalah Ferry Curtis, musisi literasi Tanah Air yang memberikan hiburan kepada anak-anak dengan membawakan tembang lagu karya miliknya “Yo Ayo Ke Perpustakaan” dan “Pemimpin Besar Pasti Membaca”.

Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin, mengaku tidak dapat menyembunyikan harunya kala melihat ribuan siswa, guru, dan orangtua berkumpul untuk memeriahkan HUT DPK Kaltim ke 60 yang jatuh pada Selasa 19 Desember mendatang yang dirangkai dengan peresmian Tour Library 2023.

“Terima kasih anak-anak semua. Saya sangat bahagia melihat anak-anak semua hari ini. Mendongeng 5 menit merupakan waktu berharga untuk anak dan orangtua bersilaturahmi juga melestarikan kebudayaan Kaltim. Semoga agenda ini meningkatkan minat mendongeng kepada anak dan orangtua,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Muhammad Syafranuddin turut menjanjikan akan memberikan 1 unit sepeda kepada 3 anak yang aktif selama kegiatan mendongeng. “Semoga kegiatan mendongeng menjadi pemicu bagi adik-adik semua untuk mewarisi kebudayaan,” ujarnya.

Sementara itu, Taufik, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) DPK Kaltim, juga mengaku senang dengan antusias siswa, guru, dan orangtua. Menurutnya, hal berbeda di Tour Library 2023 ini adalah fokus pada kabupaten/kota yang akan disambangi. Yakni dari arah utara Kaltim. Mulai dari Kota Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), serta Kabupaten Berau.

“Rangkaian acaranya meliputi mendongeng bersama 1000 anak di setiap daerahnya, talkshow mengenai minat baca dan korelasinya dengan kesehatan, serta kelas menulis untuk anak bersama tim penerbit Mizan. Tour Library 2023 akan menjadi program DPK Kaltim dalam meningkatkan TGM (Tingkat Gemar Membaca, Red.) dan IPLM (Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat, Red.),” ujarnya.

Sebagai informasi, rangkaian Tour Library 2023 di Kota Samarinda akan dilanjutkan pada Senin 27 November 2023 dengan menggelar talkshow “Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat” yang digelar di Aula Bank Indonesia Kaltim dan Kelas Menulis Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) di Aula Oemar Dahlan DPK Kaltim. (fai/adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button