NEWS

GAMKI, Pelopor Pemuda Dukung Perpindahan IKN

Pelopori lkrar Kebangsaan Pemuda Lintas Agama di Titik Nol IKN, GAMKI Dukung Penuh Pemindahan Ibu Kota Negara

Reporter : Taufik Hidayat | Editor : Faisal

TIMUR MEDIA – Dalam rangka Menyambut momen 114 tahun hari Kebangkitan Nasional, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), menginisiasi Ikrar kebangsaan organisasi kepemudaan lintas agama, di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara. padaJumat, 20/05/2022.

Dari delapan organisasi pemuda tersebut terdiri dari, Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia, Pemuda Muhammadiyah, Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Katolik, Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia, Generasi Muda Konghucu, Generasi Muda Buddhis Indonesia, dan Generasi Muda Mathla’ul Anwar.

Acara tersebut di kemas dengan bakti sosial, didukung oleh Kodam VI/Mulawarman dan Polda Kalimantan Timur. Terdapat enam Ikrar yang disampaikan oleh delapan organisasi tersebut, di antaranya yaitu :

1. Pemuda Lintas Agama mendukung penuh pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur sebagai wujud pembangunan Indonesia Sentris.

2. Pemuda Lintas Agama mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara yang mengutamakan prinsip pembangunan berkelanjutan serta menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem.

3. Pemuda Lintas Agama mendukung adanya proses perpindahan sumber daya manusia dari Ibu Kota Negara DKI Jakarta ke Ibu Kota Negara Nusantara yang memperhatikan keseimbangan aspek teknis, sosial masyarakat, relijius, dan kultur.

4. Pemuda Lintas Agama bersama generasi muda Indonesia  serta masyarakat Kalimantan, terkhusus masyarakat lokal, siap terlibat aktif dan dilibatkan dalam pembangunan dan pengembangan Ibu Kota Negara Nusantara.

5. Pemuda Lintas Agama mendukung penuh adanya kompleks Rumah Ibadah dan Pusat Aktivitas Agama di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara sebagai simbol toleransi dan keberagaman Indonesia.

6. Pemuda Lintas Agama di seluruh Indonesia siap untuk mengawal pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara yang berpedoman pada Amanat UUD 1945, Pancasila, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

taufik hidayat | Timur Media | Referensi Baru

Willem Wandik sebagai Ketua Umum GAMKI menjelaskan bahwa, apel ini dimaksudkan untuk mempertemukan berbagai pemeluk agama yang berbeda,tidak lain maksud dan tujuannya guna mendukung program pembangunan IKN Nusantara.

Lanjutnya, Bagi Willem, kendati berbeda, tetap lahir dan besar di Republik Indonesia sekaligus menjadi mitra strategis pemerintah, baik skala pusat maupun daerah.

“Sehingga kami hadir disini, bagaimana kami bisa menyelenggarakan apel kebangsaan bersama dengan rekan-rekan berbagai elemen negeri untuk menggaungkan agenda besar IKN,” kata Willem.

Ia pun menegaskan, bahwa IKN nusantara adalah simbol pembangunan Indonesia yang lebih berkeadilan, karena stigmasisasi pembangunan yang terbangun sampai saat ini cenderung tersentralisasi di pulau jawa. Hal tersebut, dibuktikan dengan fakta pembangunan pulau jawa yang melebihi pulau pulau lain yang ada di Indonesia.

“Maka dengan berpindahnya ibukota ke bagain tengah pulau Indonesia (Kalimantan timur) maka di harapkan akan merangsang pertumbah pembangunan yang lebih merata di seluruh Indonesia,” jelas anggota Komisi V DPR RI ini.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button