DPRD Provinsi Kaltim

Dugaan Serobot Lahan Warga, Komisi I Sambangi PT BML

TIMURMEDIA – Konflik penyerobotan lahan yang diduga dilakukan PT Bukit Merdeka Lestari kepada warga Dusun Ngadang, Desa Bloro –Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara– disikapi serius Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Timur. Rabu 25 Januari 2023, para legislator dari Karang Paci itu menyambangi PT BML.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu, menjelaskan musabab awal yang melatarbelakangi kunjungan ini. Katanya, ada aduan warga Dusun Ngadang, Desa Bloro, terkait dugaan penyerobotan lahan yang dilakukan PT BML. “Komisi I DPRD Kaltim sudah menemukan kedua belah pihak untuk mediasi dan sudah menemukan titik terang penyelesaian masalah melalui musyawarah mufakat,” katanya.

Menurut politisi Partai Amanat Nasional ini, banyak hal yang diulas dalam pertemuan tersebut. Diantaranya membahas monitoring dan diskusi strategis bersama manajemen PT BML terkait dengan langkah-langkah meminimalisir permasalahan lahan dan lingkungan yang memungkinkan terjadi lagi karena aktivitas pertambangan yang dilakukan PT BML.

Baharuddin Demmu mengingatkan, perusahaan HARUS menjalin komunikasi yang baik dan memperhatikan kesejahteraan warga sekitar perusahaan. “Saya meminta perusahaan tetap menjaga hubugan baik dengan warga sekitar, kemudian yang lebih penting perusahaan juga harus memperhatikan kesejahteraan warga sekitar,” ujarnya.

Dia berharap pertemuan ini bermanfaat untuk semua pihak. PT BML dapat beraktivitas sebagaimana mestinya begitu pula warga sekitar dapat terhindar dari dampak negatif yang timbul dari aktivitas perusahaan.

“Kami harap perusahaan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya dan tidak ada permasalah baru yang timbul di lingkungan warga akibat aktivitas pertambangan ini,” tukasnya. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button