Dua Menteri Direncanakan Hadir di HKN Kaltim

TIMURMEDIA, SAMARINDA – Jelang Hari Kearsipan Nasional (HKN) ke 53, Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai tuan rumah terus berbenah. Kabar teranyar, event nasional itu direncanakan terpusat di Mercure, Kota Samarinda, 26 hingga 31 Mei 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Muhammad Syafranuddin, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, belum lama ini. “HKN insya Allah tinggal pelaksanaan saja,” ucapnya. “Akan dilaksanakan di Mercure Samarinda,” sambung Muhammad Syafranuddin.

Dia mengungkapkan, di HKN yang akan diikuti sekira 2000 peserta dari seluruh Indonesia ini pula, direncanakan bakal dihadiri oleh dua menteri. Mereka adalah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.

Selain itu, Muhammad Syafranuddin menjelaskan,dalam rangkaian HKN nanti, akan diserahkan sejumlah penghargaan kepada mereka yang berkecimpung di dunia kearsipan serta penghargaan bagi kementerian. “Kemudian ada kunjungan ke desa budaya Pampang dan Kutai Kartanegara,” ulasnya.

Bagi Muhammad Syafranuddin, dipilihnya Kaltim sebagai tuan rumah HKN tahun ini tak terlepas dari keberadaan Ibu Kota Negara (IKN). “Itu jadi daya magnet tersendiri, termasuk ketika kami rapat di Banyuwangi (Jawa Timur, Red.) tahun lalu, keputusannya diminta di Kaltim,” ungkapnya.

Sebagai informasi, HKN 2023 diadakan di Banyuwangi dan merekomendasikan Kaltim sebagai tuan rumah berikutnya berdasarkan hasil rekomendasi dari seluruh kepala DPK di Indonesia.

Acara HKN 2024 akan diselenggarakan dengan tema “Sustainable Archiving for The Best Future,” yang menekankan pentingnya keberlanjutan dalam pengembangan arsip untuk menyimpan memori masa lalu yang bermanfaat bagi masa depan yang lebih baik. (fai)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button