AdvDPRD PPU

DPRD Sebut SDM PPU Perlu Peningkatan

TIMUR MEDIA, PENAJAM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menilai Sumber Daya Manusi (SDM) didaerah setempat perlu peningkatan kemampuan, sehingga meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Pemerintah Pusat agar memberikan perhatian terhadap peningkatan SDM dan pelayanan lainnya pasca ditetapkan Benua Taka sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Hal itu diutarakan oleh Wakil Ketua II DPRD PPU, Hartono Basuki mengungkapkan pasca penetapan IKN, maka prioritas saat ini adalah mempersiapkan SDM.

Dalam mempersiapkan SDM lanjut Hartono, diharapkan keterlibatan dari pemerintah provinsi dan pusat, sebab kemampuan SDM di PPU setempat masih sangat rendah dan butuh perhatian seluruh pihak.

“Peningkatan SDM ini harus segera dilakukan untuk menyambut pemindahan IKN dan harus  didukung pemerintah provinsi maupun pusat,” ungkapnya, Selasa (13/4/2021).

Penigkatan kemampuan masyarakat PPU harus menjadi atensi bersama semua pihak agar masyarakat kedepannya tidak tertinggal atau menjadi penonton di daerah sendiri.

“Karena ketika ribuan atau jutaan orang hadir, tentu mereka sudah punya kemampuan SDM dan finansial. Kalau tidak dipersiapkan, masyarakat khususnya di Sepaku akan ketinggalan, kalah bersaing,” akunya.

Wakil Rakyat Dapil Kecamatan Sepaku ini mengakui, dibidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan juga harus menjadi perhatian Pemprov Kaltim dan pemerintah pusat, tak hanya Pemkab PPU saja.

Untuk layanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Sepaku juga masih belum maksimal karena tidak didukung peralatan medis atau tenaga medis yang memadai.

“Jadi apabila masyarakat memerlukan pelayanan kesehatan lanjutan harus ke rumah sakit Penajam atau Balikpapan, sementara jarak tempuhnya luar biasa, belum kondisi jalan,” bebernya.

Oleh karenanya peningkatan SDM, kesehatan, pendidikan dan lainnya dianggap harus di realisasi oleh pemerintah tingkat daerah hingga pusat.

“Itu butuh perhatian daerah hingga Pusat,” Pungkasnya.

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button