AdvDPRD PPU

DPRD PPU : Perumda Danum Taka Harus Atasi Krisis Air

Reporter : Teguh | Editor : Faisal

Timur Media, Penajam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meminta Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka agar memperluas layanan untuk memenuhi ketersediaan dan menanggulangi kesulitan air bersih di beberapa derah yang belum terlayani.

“Masih banyak masyarakat yang membutuhkan layanan air bersih,” ungkap Wakil Ketua II DPRD Hartono Basuki ketika dihubungi di Penajam, Kamis.

Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) PPU, lanjut Hartono, memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, dengan membangun jaringan pipa air bersih.

Pembangunan jaringan air bersih, lanjutnya, juga membantu pemasangan sambungan air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) program pemerintah pusat.

“Program pemasangan sambungan air bersih MBR tidak dapat dilakukan, jika jaringan pipa air bersih tidak dibangun,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Hartono mejelaskan, saat kemarau panjang, ada masyarakat yang harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Hartono mengatakan, seperti di Kecamatan Sepaku, baru dua desa yang mendapatkan akses air bersih dari Perumda Air Minum Danum Taka. dan tahun ini baru ditambah pipa jaringan air bersih.

“Kecamatan Sepaku itu minim sumber air bersih, kalau kemarau sumur kering dan cadangan air bersih habis. Dan itu sudah terjadi bertahun,” ucapnya.

“Diharapkan jaringan air bersih bisa menjangkau seluruh kawasan,“ pungkasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button