AdvDPRD PPU

DPRD PPU Minta Ketegasan Pemkab Untuk PAD

TIMURMEDIA, PENAJAM – Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) masih bertumpu pada dana APBD. Menurut Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), harusnya Pemkab PPU sudah bisa mengandalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk bertumpu.

Wakil Ketua II DPRD PPU Hartono Basuki pun mengatakan jika PPU sebenarnya mampu jika memaksimalkan PAD. Ia memastikan potensi itu ada. Hanya saja belum digarap sepenuhnya oleh pemerintah daerah.

Menurutnya Pemkab PPU harus tegas kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah PPU. Dalam hal hal izin usaha.

“Potensi PAD yang belum digarap, harus dikelola secara tegas dan maksimal,” ujarnya.

Termasuk perusahaan yang tidak memiliki izin yang harus diberi ketegasan. Karena lanjut Hartono, ada saja perusahaaan yang mengabaikannya. Baik perizinan atas usaha yang dilaksanakan seperti izin mendirikan bangunan (IMB).

“Termasuk mereka yang tidak punya izin harus taat aturan siapapun mereka, karena ini kepentingan daerah,” katanya.

Selain itu, peningkatan PAD juga dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dengan membuka ruang Investasi. Meskipun saat ini pemulihan ekonomi masih terhalang dengan adanya pandemi COVID-19.

“Tetapi perusahaan juga punya kewajiban, ketika dia berinvestasi dia juga harus punya tanggung jawab di daerah terkait dengan izin-izin yang sebelumnya harus dipenuhi, pemerintah daerah juga harus tegas,” pungkasnya

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button