DPRD Bontang

DPRD Kota Bontang Tagih Keseriusan Pemprov Kaltim

TIMURMEDIA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang menagih janji Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim). Khususnya untuk membantu menangani masalah banjir di sejumlah wilayah.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Bontang, Abdul Malik, menyebut Pemprov Kaltim memang berjanji akan membantu mengatasi masalah ini dengan pembangunan Bendungan Pengendali (Bendali). Terutama untuk Desa Suka Rahmat.

Faktanya, hingga saat ini masih sebatas wacana. Padahal, pemanfaatan bendungan yang berlokasi di wilayah Kutim itu selalu masuk dalam usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota, seperti Musrenbang yang digelar Selasa 30 Maret 2021 di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang.

Abdul Malik menegaskan, wacana pembangunan bendungan di Desa Suka Rahmat belum kelihatan hasilnya. Padahal, pemanfaatan bendungan selalu masuk dalam Musrenbang tingkat kota. “Pembangunan bendungan ini rencananya untuk antisipasi banjir di Bontang,” terangnya.

Menurut Abdul Malik, usulan selalu masuk. Tapi tidak ada tindak lanjutnya. Sehingga dia mempertanyakan sikap dari Pemprov Kaltim mengingat kewenangan pembangunan berada di provinsi. “Kami sempat kunjungan kerja ke Pemda Kutim, namun mereka mengklaim pembangunan Bendali Suka Rahmat bukan kewenangannya, dan berada di Pemprov Kaltim,” ungkapnya.

Abdul Malik berharap, usulan tersebut bisa terealisasi segera. Minimal tahun ini. Mengingat selain bisa menjadi solusi pencegahan banjir, Bendali Desa Suka Rahmat juga bisa menjadi alternatif sumber air bersih bagi Kota Bontang. “Apalagi, sumber air baku bawah tanah Kota Bontang diprediksi akan habis dalam 5 tahun ke depan,” tutupnya. (fa/adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button