AdvDPRD PPU

DPRD Dukung Pembangun Menuju Desa Mandiri di PPU

Reporter : Teguh | Editor : Faisal

Timur Media, Penajam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mendukung pembangunan desa oleh pemerintah kabupaten PPU untuk menuju desa mandiri.

Ketua DPRD PPU Jon Kenedy mengatakan, bahwa DPRD, mendukung upaya pemerintah PPU dalam hal meningkatkan pembangunan dan perekonomian di setiap desa untuk mewujudkan desa mandiri.

“Kami mendukung peningkatan status desa menjadi mandiri,” ucap Jon Kenedi ketika ditemui, Selasa.

Sampai saat ini desa mandiri di Kabupaten Penajam Paser Utara disandang oleh tiga desa di tiga kecamatan. Yakni Desa Girimukti di Kecamatan Penajam, Desa Babulu Darat di Kecamatan Babulu, dan Desa Sukaraja di Kecamatan Sepaku.

“Desa mandiri di PPU harus lebih banyak lagi,” tambahnya.

Mewujudkan desa mandiri itu, menurut dia, perlu sinergitas atau kerja sama perencanaan pembangunan mulai tingkat desa hingga kabupaten.

Sehingga Pemerintah desa sambung Jon, perlu berkomunikasi dan berkoordinasi terkait perencanaan fisik maupun non-fisik secara baik dan berkelanjutan dengan pemerintah kabupaten.

“Komunikasi dan koordinasi itu harus dilakukan agar pembangunan desa berjalan lurus dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Jon Kenedi.

Ia pun mengimbau petugas pendamping desa agar tidak lagi memakai pola lama dalam penyusunan program Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau APBDes dan diganti dengan mengacu penilaian IDM (indeks desa membangun).

“IDM tersebut meliputi ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Saya optimistis jika kerja sama lintas sektor berjalan, maka target jumlah desa kmandiri di Kabupaten Penajam Paser Utara bisa terlampaui,” pungkasnya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan hingga 2023 terbentuk sembilan desa mandiri.

Tags
Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close