DPK Kaltim Beber 7 Indikator IPLM

TIMURMEDIA – Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Taufik, menyatakan ada 7 indikator Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) yang harus menjadi perhatian.

Diantaranya, pemerataan layanan perpustakaan, ketersediaan koleksi, kecukupan tenaga perpustakaan, tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan, perpustakaan yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), keterlibatan masyarakat dalam kegiatan perpustakaan melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS), serta jumlah masyarakat yang menjadi anggota perpustakaan.

“Jika melihat ke belakang, IPLM Kaltim pada 2020 sebesar 20.78 dengan kategori rendah, dan 2021 sebesar 17.74 dengan kategori rendah. Sementara TGM (Tingkat Gemar Membaca, Red.) Kaltim untuk 2020 sebesar 62,08 dengan katagori tinggi dan TGM 2021 sebesar 64.85 dengan katagori tinggi,” ucapnya, saat membuka Workshop Pengkajian IPLM dan TGM Tahun 2022 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Blue Sky, Kota Balikpapan, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, workshop ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari unsur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Bappeda kabupaten/kota, Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, para pustakawan, Dinas Perpustakaan kabupaten/kota dan Tim Kajian IPLM dan TGM yang berasal dari Universitas Mulawarman (Unmul).

Nampak hadir pada kegiatan tersebut, perwakilan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) yaitu Pustakawan Ahli Madya yang juga merupakan Koordinator Analis Perkembangan Perpustakaan dari Perpusnas RI Alfa Husna.

Selain itu hadir Endy Santoso, Pustakawan Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas RI. Terakhir Yaya Ofis Mabruri, Pustakawan Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas RI. Sementara narasumber dalam acara ini dari Perpusnas RI M. Faturahman yang juga merupakan dosen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unmul. (fai/adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button