Digelar di Samarinda, HKN 2024 Usung Tema Sustainable Archiving For The Future

Hari Kearsipan Nasional (HKN) 2024 akan dipastikan bakal berlangsung di Hotel Mercure, Jalan Mulawarman, Kota Samarinda.

DIGELAR selama 3 hari, Selasa 28 Mei 2024 hingga Kamis 30 Mei 2024 mendatang, event ini akan dihadiri ribuan tamu undangan dari seluruh Indonesia.

Muhammad Syafranuddin, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) mengatakan, HKN tahun ini merupakan rangkaian penting dari peringatan ulang tahun kearsipan nasional ke 53. “Tema yang diusung adalah ‘Sustainable Archiving For The Future’,” katanya, kepada media ini.

Di event ini nantinya, ujar Muhammad Syafranuddin, ada rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Mulai dari rapat koordinasi teknis pengawasan arsip, hingga executive board meeting dengan jajaran pimpinan nasional. “Agenda ini juga akan dihadiri 2000 lebih peserta dari seluruh LKD (Lembaga Kearsipan Daerah, Red.) hingga kecamatan di Kaltim,” ujarnya.

Kata Muhammad Syafranuddin, terpilihnya Benua Etam sebagai tuan rumah HKN tahun ini tak terlepas dari keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Selain itu juga, penunjukkan Kaltim sebagai tuan rumah HKN 2024 merupakan wujud pengembangan bagi ekonomi di daerah. Makanya, menurut Muhammad Syafranuddin, pelaksanaan HKN 2024 tidak hanya menjadi momentum pertemuan nasional membahas masa depan arsip.

Selain itu, Muhammad Syafranuddin mengungkapkan, salah satu rangkaian dari event ini adalah eksibisi atau pameran kearsipan yang turut memeriahkan HKN 2024. “Pemprov (Pemerintah Provinsi, Red.) Kaltim dan DPK Kaltim membuka booth atau stan dengan menggandeng UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah, Red.) serta perbankan Kaltim di lokasi pelaksanaan acara,” ucapnya.

Muhammad Syafranuddin menjelaskan, adapun pameran yang dihadirkan adalah galeri kearsipan Kaltim dan nasional. “Semua akan ditampilkan sebagai wisata edukasi dan rekreasi bagi tamu undangan, peserta, dan pengunjung,” ungkapnya.

Di lain sisi, Muhammad Syafranuddin erharap, lewat event ini, sejumlah tempat makan dan hotel di Kota Tepian akan ramai oleh kunjungan peserta HKN 2024 dari seluruh Indonesia. “Kawasan ekonomi dan sentral kerajinan di Citra Niaga yang berdekatan dengan lokasi acara kami harapkan juga dapat meningkat jumlah wisatawannya dan mendongkrak ekonomi di sana,” tukas Muhammad Syafranuddin. (fai)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button