Di Seminar Kesehatan Nasional, GEMASIRA Kaltim Ingatkan Kepedulian ke Lansia

Seminar Kesehatan memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke 28, digelar Gerakan Masyarakat Sehat Sejahtera (Gemasira) Kalimantan Timur (Kaltim), di Ballroom Hotel Puri Senyiur --Kota Samarinda--, Minggu 9 Juni 2024, pagi kemarin.

MENGANGKAT tema “Lansia Sehat, Bahagia dan Mandiri”, acara ini diisi Gubernur Kaltim periode 2018-2023, Isran Noor, yang didapuk menjadi keynote speaker.

Selain itu, hadir pula tiga narasumber lain yang dipandu Dr. M. H. Edi Sukamto. Diantaranya Ismansyah yang membawakan materi “Lansia: Permasalahan dan Solusinya”, Wiryanto dengan materi “Gizi Pada Lansia”, serta dr Mariati Herlina Sitinjak yang memaparkan materi “Perubahan Mental Emosional Pada Lansia dan Solusinya”.

Menurut Ketua Gemasira Kaltim sekaligus ketua panitia pelaksana, dr Uji Hardana, meningkatnya jumlah penduduk lansia akan mempengaruhi jumlah usia harapan hidup. Pada gilirannya, rasio ketergantungan lansia pun akan meningkat. Sebab, risiko akan muncul dengan pelbagai masalah kesehatan. Diantaranya karena proses menua dan penyakit degeneratif, di samping adanya penyakit infeksi.

“Melihat kondisi ini dan sejalan dengan akan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 28, maka GEMASIRA Kaltim menggelar seminar kesehatan sebagai wujud kepedulian terhadap kesejahteraan lansia,” katanya, saat memberikan sambutan.

Disamping itu, urai dr ji Hardana, tujuan dilaksanakannya seminar kesehatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat, termasuk insan lansia itu sendiri agar dapat mampu memelihara dan mempertahankan perilaku hidup bersih dan sehat, baik fisik serta mental-emosional dengan gizi yang seimbang.

Bakal calon wakil walikota Samarinda ini menyatakan, sebagai paguyuban, GEMASIRA Kaltim terdiri dari pelbagai unsur masyarakat. Organisasi ini, ujar dr Uji Hardana, mulai berdiri sejak 2017 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Di sana, GEMASIRA Kaltim aktif menggelar kegiatan. Mulai dari bakti sosial (baksos), serta pengobatan dan pemeriksaan gratis untuk masyarakat di sejumlah kelurahan di Kabupaten Kukar.

“Kami sadar, pemeriksaan gratis pada hari ini sangat sederhana. Tapi kami berharap semoga bermanfaat,” ucapnya. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan yang hadir,” timpal dr Uji Hardana. (fai)

 

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button