Samarinda

CSR Jadi Solusi Penanganan Anjal dan PMKS di Kota Samarinda

TIMURMEDIA – Penanganan masalah anak jalanan, gelandangan, pengemis dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya di Samarinda terkendala minimnya anggaran Dinas Sosial (Dinsos). Ditambah lagi, regulasi masih perlu dievaluasi. Sebab, regulasi saat ini, kewenangan pengelola Panti Sosial hanya Pemprov.

Karena itu, Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Sri Puji Astuti menawarkan solusi mengentaskan masalah sosial tersebut. Salah satunya, dengan forum Corporate Social Responsibility (CSR).

“Keterbatasan kapasitas Panti Sosial menjadi salah satu alasan kenapa permohonan Pemkot selalu tidak bisa diterima. Ya, mungkin nanti kita bisa mengharapkan ada forum CSR, untuk bisa membantu mengentaskan masalah sosial di Samarinda,” jelas dia, kemarin.

Menurut dia, penanganan masalah sosial di Samarinda masih menjadi PR bagi pemerintah. Sehingga, pengentasan masalah sosial tersebut tidak bisa hanya bergantung dengan APBD, baik itu APBD Kota maupun Provinsi.

“Memang harus ada peran CSR untuk ikut membantu penanganan masalah sosial yang terjadi di Kota Samarinda. Kita tidak bisa mengandalkan APBD,” ucap dia. (adv)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button