DPRD Bontang

Buaya di Selambai Meresahkan, Ketua DPRD Kota Bontang Bakal Bangun Penangkaran

TIMURMEDIA – Aktivitas buaya di Selambai –Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara– dianggap mulai meresahkan. Beberapa kali, hewan predator tersebut terlihat muncul ke permukaan oleh masyarakat.

Merespon masalah itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam mengatakan, konflik antara buaya dan masyarakat di daerah pesisir diupayakan segera diatasi.

Bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam berencana membangun penangkaran buaya.

“Untuk pembuatan penangkaran terbilang urgen. Apalagi sudah banyak korban,” ujarnya, saat diwawancara.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyatakan, konflik ini trjadi karna habitat asli buaya tergerus dan hilang. Akibatnya, reptil berdarah dingin itu mencari habitat baru yang tak jauh dari pemukiman masyarakat pesisir. “Kami akan dorong pembangunan penangkaran buaya itu,” tegasnya.

Andi Faizal Sofyan Hasdam menjelaskan, wacana pembuatan penangkaran buaya sudah lama direncanakan. Sayangnya, tidak ada tindak lanjut dari Pemkot Bontang maupun DPRD Kota Bontang.

“Saya pastikan pembuatan penangkaran buaya kali ini bukan hanya sekadar wacana,” uapnya.

Andi Faizal Sofyan Hasdam mengungkapkan, DPRD Kota Bontang akan mengkaji dan mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) yang ddisesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Untuk pembuatan penangkaran ini tidak main langsung bikin, harus ada Perdanya dulu,” pungkasnya. (fa/ads)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button