DPRD Bontang

BLKI di Bontang Perlu Optimalisasi

TIMUR MEDIA – Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) memiliki potensi besar dalam pengembangan sumber daya manusia di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Namun, BLKI yang berada di Bontang Lestari masih memerlukan optimalisasi dalam menjalankan aktivitasnya.

Menurut anggota Komisi I DPRD Kota Bontang, Irfan, mengusulkan agar operasional BLKI Bontang diambil alih oleh Pemkot Bontang. Alasan Irfan, pengambilalihan operasional tersebut untuk meningkatkan efektivitas dalam pengelolaan BLKI ke depan.

Dalam kunjungan kerja kepada Dinas Ketenagakerjaan atau Disnaker Kaltim, DPRD Bontang mendapatkan respon positif mengenai usulan pelimpahan pengelolaan BLKI Bontang Lestari dari Provinsi ke Pemerintah Daerah.

“Saya nilai bahwa BLKI di Bontang dapat bermanfaat dalam menciptakan tenaga kerja terampil dan handal di berbagai bidang. Tapi hingga saat ini masih memerlukan optimalisasi,” ujar Irfan, saat ditemui Jumat 12 Maret 2021.

Irfan menjelaskan, kondisi BLKI di Kota Bontang masih memiliki kekurangan. Antara lain perlengkapan pelatihan dan fasilitas yang dapat mendukung pengembangan sumber daya manusia. Karena itu, Irfan menilai jika BLKI masih kurang optimal.

“Alasan kami jelas, memminta kepada pihak Provinsi agar bisa diambil alih oleh Pemerintah Kota Bontang,” ujar Irfan menegaskan.

Menurut Irfan, ada sejumlah potensi yang dapat dikembangkan jika BLKI dikelola oleh Pemkot Bontang. Misal, soal pengawasan BLKI yang lebih dekat dan mudah dijangkau. Terutama oleh DPRD Bontang

Tak hanya itu, Irfan juga menyebutkan dengan pengelolaan oleh Pemkot Bontang maka sejumlah program rutin dapat digelar. Khususnya program-program yang menjadi kebutuhan warga Bontang. Misal, pelatihan bagi kesiapan para pencari kerja di Kota Bontang.

“Hasilnya tidak menutup kemungkinan kualitas SDM Bontang dilirik daerah lain jika pembinaannya bagus,” ujar Irfan. (ADV)

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button